15 Mei 2021

Presiden Sapa Ratusan Pengungsi Demang Lehman Martapura

2 min read

Presiden Joko Widodo saat meninjau lokasi pengungsian korban banjir di Kalsel, Senin (18/1)

BANJAR – Rombongan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo akhirnya tiba di tempat pengungsian korban bencana banjir tepatnya di stadion Demang Lehman Martapura Kota, Senin (18/1).

Sebelumnya Rombongan orang nomor satu di Indonesia ini telah meninjau dua lokasi bencana banjir, yakni Desa Mekar Kecamatan Martapura Timur serta Jembatan Sungai Salim Banua Anyar Kabupaten Banjar.

Saat tiba sekira jam 15.34 WITA, Jokowi yang juga didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono serta Anggota DPR RI Rifqinizamy Karsayuda ini disambut oleh Pj Sekdaprov Kalsel Roy Rizali Anwar serta Bupati Banjar Khalilurahman dan Sekdakab Banjar, Hilman.

Presiden dua periode inipun melihat secara langsung kondisi pengungsian yang dihuni tidak kurang dari 800 orang ini. Mulai dari bagaimana tempat tidur pengungsian hingga dapur umum untuk melayani konsumsi mereka.

Sekitar 10 menit berada di stadion Demang Lehman, Presiden kembali bertolak ke lokasi bencana di daerah lainnya. Jokowi pun berpamitan dengan masyarakat melalui kaca jendela mobilnya sembari membagikan kaos bertuliskan Joko Widodo.

Diketahui dari kunjungan di Kabupaten Banjar ini, Presiden memberikan bantuan sebesar 2,5 Miliar Rupiah dalam bentuk sembako serta kebutuhan masyarakat terdampak.

Disisi lain, Sekdakab Banjar Hilman menyampaikan, secara khusus Presiden berpesan agar kementerian terkait yang juga turut dalam rombongan seperti kementerian PUPR, kementerian Sosial dan BNPB dapat segera memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing.

“Presiden memberikan arahan agar masyarakat terdampak banjir untuk segera ditangani,” katanya.

Penanganan ini kata Hilman, seperti bantuan sosial melalui kementerian sosial berdasarkan kebutuhan yang telah disampaikan pemerintah Kabupaten. Kemudian bantuan dari BNPB berdasarkan informasi yang telah dijabarkan.

“Untuk kerusakan infrastruktur Presiden juga berpesan agar segera diperbaiki. Seperti jembatan sungai Salim yang menghubungkan Kabupaten Banjar dengan Banua Anam hingga provinsi Kalimantan Timur,” paparnya.

Perbaikan jembatan kata Hilman, diarahkan Presiden agar diperbiaki dengan segera, karena merupakan akses penting untuk jalur evakuasi dan jalur bantuan logistik bagi masyarakat terdampak banjir. (ASC/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.