17 Mei 2021

Banjir, Harga Sayur Naik

2 min read

Puput Penjual Sayur

BANJARMASIN – Harga sayur mayur mengalami kenaikan yang cukup signifikan, pada saat banjir melanda di Provinsi Kalsel, termasuk di kota Banjarmasin.

Kenaikan harga sayur mayur di pasar tradisional ini terpantau di salah satu pasar tradisional di kawasan Jalan A Yani KM 8 kabupaten Banjar, serta Pasar Sentra Antasari kota Banjarmasin, Senin (18/1).

Seperti yang disampaikan salah satu pedagang sayur Puput. Ia mengaku, kenaikan sayur ini diakibatkan daerah penghasil sayur mengalami kebanjiran.

“Harga sayur saat ini mahal, dan kosong,” ucapnya.

Puput mengatakan, sayur mayur saat ini banyak yang mengalami kekosongan, akibatnya harga mengalami kenaikan yang cukup tinggi.

“Daerah penghasil sayur saat ini kebanjiran, seperti Landasan Ulin, dan lainnya,” ungkap Puput.

Karena dilanda banjir tersebut, lanjutnya, banyak sayuran yang mati. Tidak sempat dipanen.

Puput mencontohkan, seperti harga kecambah sebelumnya dijual dengan hanya Rp12.500 per kilo kini naik menjadi Rp15.000 per kilonya.

“Wortel kentang juga,  sebelumnya dijual Rp15.000 per kilo kini Rp20.000 per kilo, cabe sebelumnya dijual Rp85.000 per kilo kini menjadi Rp100.000 per kilo, jagung sebelumnya dijual Rp2.000 per biji saat ini dijual Rp5.000 per biji, sedangkan bayam sebelumnya dijual seribu rupiah seikatnya kini dijual Rp2.000 seikatnya,” jelasnya.

Kenaikan sayur ini juga terpantau di Pasar Sentra Antasari, Kota Banjarmasin. Kenaikan harga sayur ini sudah terjadi sejak banjir melanda di Kota Banjarmasin.

“Harga sayuran naik karena banjir,” ucap Sumi, salah satu pedagang sayur.

Sementara itu, salah satu pembeli Maulida mengatakan, meski sayur mengalami kenaikan ia tetap membeli. Karena keluarganya sudah terbiasa makan sayur.

“Harga sayur lagi naik ini, tapi kami tetap membeli,” ucapnya.

Apalagi, lanjutnya, saat ini sedang tidak bagus, banjir ditambah COVID-19 masih belum berlalu. Sehingga, diperlukan makanan yang seimbang, ikan, sayur, serta buah.

“Makan sayur untuk menjaga daya tahan juga,” ucap Maulida. (SRI/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.