5 Maret 2021

Masjid Al Ikhlas Sundai Siap Tampung Pengungsi, Prokes Tetap Utama

2 min read

Ketua Umum Masjid Al Ikhlas, Hery Hidayat

BANJARMASIN – Panitia Masjid Al Ikhlas, Jalan Sungai Andai Komplek PWI Kecamatan Banjarmasin Utara, siap menampung pengungsi, khusus bagi warga yang rumahnya mengalami genangan air, dan tetap ketat menerapkan protokol kesehatan (prokes).

kondisi air genangan

Ketua Umum Masjid Al Ikhlas Hery Hidayat kepada Abdi Persada FM pada Jumat (15/1), pihaknya sudah melakukan diskusi dengan panitia masjid terkait kesiapan nantinya,  dalam menerima warga sekitar yang ingin mengungsi, diakibatkan genangan air telah merendam sebagian rumah mereka, namun tetap ketat menerapkan protokol kesehatan.

kondisi air genangan

“Kami panitia menyiapkan tempat untuk  pemisahan, antara laki laki dan perempuan,  tetap menjaga jarak, dan selalu tersedia tempat mencuci tangan di setiap sudut ruangan masjid, selain itu para pengungsi nantinya juga bersama sama menerapkan protokol kesehatan, mengingat pandemi COVID-19 masih belum melandai,” katanya panjang lebar.

Lebih lanjut Hery menjelaskan, genangan air ini pernah terjadi di tahun 2005, namun hanya semata kaki, selanjutnya tidak pernah lagi. Namun di tahun 2021 dinilai paling parah ketinggian mencapai satu meter, terutama di malam hari, selain hujan mengguyur dengan intensitas lama, juga adanya pasang air sungai.

“Kita melihat langsung genangan air naik ke rumah, mulai dari dapur hingga pekarangan, sehingga tidak sedikit warga begadang untuk terus waspada,” tutupnya.

Untuk diketahui, hujan mengguyur Kota Banjarmasin, dengan intensitas lama, sejak  Rabu malam 13 Januari kemarin, hingga hari ini Jumat (15/1), mengakibatkan genangan hampir semua kawasan.  Baik di lingkungan perumahan, pemukinan padat penduduk, serta beberapa ruas jalan raya. Dengan tingginya curah hujan, membuat debit air mengalami peningkatan, tidak hanya terjadi di ibukota Provinsi, namun wilayah lainnya di Kalimantan Selatan. (NHF/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.