BanjarmasinNews

BASARNAS Banjarmasin Turun Langsung Untuk Evakuasi Banjir di Kalsel

BANJARBARU – Badan SAR Nasional (BASARNAS) Banjarmasin telah mengerahkan 38 personilnya untuk penanganan evakuasi warga yang terendam banjir di tiga kabupaten di provinsi Kalimantan Selatan. Ketiga wilayah tersebut, yakni meliputi Hulu Sungai Tengah (HST), Banjar dan Tanah Laut (Tala).

BASARNAS bersama TNI evakuasi warga yang terdampak banjir.

Kepala Subseksi Operasi dan Kesiapsiagaan Pencarian BASARNAS Banjarmasin, Wasino mengatakan, khusus penanganan di Kabupaten Banjar dan Tanah Laut (Tala) sebanyak 30 personil dari Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) Banjarmasin telah dibagi menjadi dua regu/tim.

“Jadi, kami bagi menjadi dua tim yakni 15 personil khusus di Kabupaten Banjar, 15 lagi di Kabupaten Tanah Laut, dan semuanya terlibat dalam evakuasi ini,” ungkapnya melalui sambungan telepon, Jumat (15/1) siang.

Diterjunkannya 30 personil, lanjut Wasino, untuk menangangi warga yang terjebak banjir beberapa hari terakhir ini, seperti di kawasan teluk selong – Kelampayan Martapura, Kabupaten Banjar, bahkan masuk dalam kategori yang cukup parah.

“Untuk evakuasi pertama kami berhasil telah mengungsikan warga teluk selong ke posko darurat di depan Mesjid Al-Karomah, Martapura. Tetapi, yang paling terdampak parah di Kelampayan serta Sungai Rangas,” bebernya.

Namun, khusus bagi Kabupaten Tanah Laut, Ia menyebutkan lokasi wilayah yang terendam banjir di daerah tersebut seluruhnya telah diterjunkan. Sehingga, personil BASARNAS Banjarmasin yang ditugaskan selalu siap siaga.

“Di lokasi juga bukan hanya BASARNAS, BPBD kabupaten dan provinsi serta relawan juga turut membantu untuk melakukan evakuasi korban banjir yang terjebak di daerah itu,” ujarnya.

Wasino menyebutkan, 8 personil BASARNAS lainnya lagi yang berkantor di Kabupaten Tabalong juga telah ditugaskan untuk menangangi korban terdampak banjir yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST). Dimana, pihaknya saat ini masih terus melakukan evakuasi ke beberapa titik lokasi dalam melakukan pencarian serta memberikan pertolongan.

“Penanganan banjir sudah kami dilakukan mulai kemarin. Khusus HST, BASARNAS juga ada berkantor di Tabalong, jadi saat ini 8 personil masih melakukan proses evakuasi dibeberapa tempat,” tegasnya.

Hingga kini, Badan SAR Nasional (BASARNAS) yang merupakan bidang pencarian dan pertolongan itu, selain menugaskan 38 personil yang tersebar di tiga wilayah di Kalimantan Selatan, pihaknya juga telah difasilitasi beberapa perahu karet untuk kegiatan pelaksanaan.

“Selain menerjunkan personil, perahu karet dari BASARNAS Banjarmasin juga dipergunakan untuk penyelamatan warga yang terjebak. Selain itu, juga ada tambahan perahu dari BPBD provinsi dan kabupaten,” pungkasnya. (RHS/RDM/RHD)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat