5 Maret 2021

Banjarmasin Siaga Darurat, Posko 24 Jam Telah Disiapkan

2 min read

Walikota Banjarmasin Ibnu Sina

Curah Hujan Tinggi dan Air Laut Pasang Hingga 18 Januari 2021

BANJARMASIN – Pemerintah Kota Banjarmasin menetapkan Status Siaga Darurat untuk Banjarmasin. Walikota Banjarmasin Ibnu Sina menyampaikan, setelah menggelar rapat bersama pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin serta pihak lainnya, dan melihat kondisi saat ini, maka Pemerintah Kota Banjarmasin memutuskan menetapkan Status Siaga Darurat untuk Kota Banjarmasin.

“Setelah melihat situasi terakhir di Kota Banjarmasin, maka kami memutuskan, untuk menetapkan Status Siaga Darurat di Kota Banjarmasin,” ungkap Ibnu, kepada sejumlah wartawan, Kamis sore (14/1).

Menurut Ibnu, pihaknya juga telah memerintahkan BPBD Kota Banjarmasin mendirikan posko siaga 24 jam, serta setiap kecamatan mendirikan posko-posko darurat.

“Untuk kelurahan yang terdapat daerah terdampak banjir parah maka diminta untuk membuat posko,” ucapnya.

Selain itu, lanjut Ibnu, ditempat tempat pengungsi atau warga yang terdampak banjir telah didirikan dapur umum.

“Korban banjir di Kota Banjarmasin dapat tertolong dan tertangani dengan baik,” ujar Ibnu.

Ibnu juga mengatakan, berdasarkan prakiraan cuaca dari BMKG, untuk wilayah Kota Banjarmasin terjadi curah hujan dengan intensitas tinggi serta air laut pasang hingga tanggal 18 Januari 2021 mendatang.

“Situasi tersebutlah membuat air tergenang di kota Banjarmasin,” ucapnya.

Oleh karena itu, tambah Ibnu, Pemerintah Kota Banjarmasin mempersiapkan segala kemungkinan yang terjadi, dari bencana banjir ini.

“Pemko Banjarmasin telah menyiapkan anggaran tanggap darurat serta anggaran tidak terduga untuk penanganan bencana banjir di Kota Banjarmasin,” tuturnya.

Ibnu mengatakan, untuk wilayah rawan banjir di kota Banjarmasin ada di wilayah Kecamatan Banjarmasin Selatan terutama di Kelurahan Murung Raya, wilayah di Kecamatannya Banjarmasin Timur di Kelurahan Sungai Lulut, wilayah Kecamatan Banjarmasin Utara Sedangkan, di wilayah Kecamatan Banjarmasin Barat masih relatif aman, begitu juga untuk Kecamatan Banjarmasin Tengah.

Sementara itu, Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin menghimbau warga waspada terhadap penyakit gatal gatal pada saat banjir terjadi saat ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin Machli Riyadi mengatakan, pada situasi banjir saat ini, warga diminta untuk waspada terhadap penyakit gatal gatal.

Mengingat pada saat banjir ini, segala bakteri, kuman penyebab gatal gatal keluar semua, sehingga penyakit tersebut yang perlu di waspadai.

“Selain itu, di cuaca dingin ini penyakit lainnya yang perlu diwaspadai adalah penyakit saluran pernapasan,” ucapnya. (SRI/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.