7 Mei 2021

Banjarbaru Darurat Banjir, Semua Pihak Bergerak Cepat Menanganinya

2 min read

BANJARBARU – Pasca melakukan rapat koordinasi penanganan Banjir yang dilanjutkan peninjauan langsung ke beberapa titik lokasi banjir yang ada di kota Banjarbaru, Kamis (14/1) kemarin. Wakil Wali Kota Banjarbaru Darmawan Jaya Setiawan menyampaikan, bahwa kota yang berjuluk ‘Idaman’ ini statusnya sudah darurat banjir. Hal ini disampaikan Darmawan Jaya melalui pesan WhatsApp, Jum’at (15/1) pagi.

“Iya, sudah darurat banjir,” jawabnya ketika ditanya tentang status Banjarbaru saat ini.

Darmawan Jaya juga menyampaikan beberapa penanganan yang sudah dilakukan pemerintah kota Banjarbaru dalam hal musibah banjir ini.

“Saat ini kami terus membantu mengevakuasi warga, membentuk posko dan menyiapkan tempat pengungsian bagi warga di tiap-tiap kelurahan yang terkena banjir,” jelasnya.

Tentu saja menurut Darmawan Jaya, pihaknya memastikan telah memenuhi kebutuhan warga terdampak terutama suplay makanan dengan mendirikan dapur umum atau mendistribusikan makanan yang sudah siap saji.

“Selain itu kami juga tentu memperhatikan kesehatan masyarakat melalui petugas kesehatan yang ada di puskesmas-puskesmas dan layanan 119.  Alhamdulillah semuanya telah bergerak bersama-sama dalam mengatasi bencana banjir ini,” ucapnya lagi.

Saat inipun menurut Wakil Wali Kota Banjarbaru, ASN Pemko Banjarbaru juga ikut membantu dengan penggalangan dana dan medistribusikan makanan dan bahan makanan.

“Kami sudah meminta SKPD terkait seperti BPBD, Dinsos, Dinkes, Dishub, Satpol PP, Dinas PU, Perkim, DKPPP, Kecamatan hingga ke Kelurahan, siap bahu membahu dengan TNI/Polri, relawan dan masyarakat membantu masyarakat kita yang lagi kesulitan karena terdampak banjir ini,” jelas Darmawan Jaya.

Ia juga mengapresiasi masyarakat yang dengan cepat pula membantu mengatasi bencana ini

“Alhamdulillah terimakasih atas peran masyarakat sangat besar dalam mengatasi bencana banjir juga atas support personel TNI/Polri dan para relawan  yang juga sangat berarti,” pungkasnya.

Seperti diketahui, beberapa hari terakhir hujan terus turun di wilayah Kalimantan Selatan termasuk Banjarbaru, ini mengakibatkan debit air di sejumlah kawasan di kota ini meninggi, dan berdampak terendamnya permukiman warga dan beberapa ruas jalan di kota ini. (RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.