3 Maret 2021

2021, Tak Ada Kontes Durian di Kalsel

2 min read

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor saat meninjau buah durian di Kontes Durian tahun 2019

BANJARBARU – Kontes buah durian, selalu diadakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan setiap tahunnya, mengingat provinsi ini memiliki beragam jenis buah durian, sehingga untuk mengenalkan jenis buah durian kepada masyarakat, Kalimantan Selatan mengadakan Kontes Durian. Namun, akibat Pandemi COVID-19, kontes durian pun urung dilakukan.

Hal ini disampaikan, Kepala Dinas Tanaman Pangan Dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan, Syamsir Rahman kepada Abdi Persada FM, belum lama tadi. 

Kepala Dinas Tanaman Pangan Dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan, Syamsir Rahman

Disampaikan Syamsir, mengingat masih maraknya penyebaran COVID-19 di Kalimantan Selatan, maka pada tahun 2021 ini, pihaknya tidak akan mengadakan kontes durian seperti tahun-tahun sebelumnya. Sebab, pihaknya tidak menginginkan banyak masyarakat Kalimantan Selatan, yang terpapar COVID-19, disaat kontes durian dilaksanakan.

“Untuk kontes duiran, karena adanya kasus pandemi COVID-19, artinya tidak boleh mengumpulkan orang banyak dan lain-lain. Ini menjadi salah satu kendala, sehingga tidak ada yang namanya kontes durian untuk tahun 2021,” ungkap Syamsir.

Dilanjutkan Syamsir Rahman, Provinsi Kalimantan Selatan, selalu melaksanakan Kontes Durian, pada Akhir Januari hingga pertengahan Februari, mengingat dibulan inilah, buah yang terkenal dengan julukan raja dari segala buah (King of Fruit) tersebut memasuki musim panen.

“Memang antusiasnya banyak dari masyarakat, karena dengan adanya kontes durian ini bisa mengangkat pertumbuhan ekonomi masyarakat terutama untuk penjual-penjual buah durian,” lanjut Syamsir.

Ditambahkan Syamsir, musim buah durian ditahun 2021 ini, tidak seperti musim buah durian ditahun-tahun sebelumnya, akibat banyaknya bunga buah durian yang gugur sebelum menjadi buah pada saat musim hujan dan ditiup angin, sehingga produksi mengalami penurunan.

“Kita berharap apabila pandemi COVID-19 sudah berlalu, maka kontes durian akan kembali kita lakukan,” tutup Syamsir.

Untuk diketahui, kontes durian merupakan agenda tahunan yang diadakan pemerintah provinsi Kalimantan Selatan. Biasanya kegiatan ini dipusatkan di desa Kiram Kabupaten Banjar, dengan mengundang ribuan masyarakat banua. (MRF/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.