5 Maret 2021

Puluhan Rumah Warga Desa Tanah Abang Terendam Banjir

2 min read

BANJAR – Akibat hujan lebat yang melanda Kabupaten Banjar beberapa hari terakhir, membuat beberapa kecamatan di Kabupaten ini terendam banjir, salah satunya desa tanah abang Kecamatan Mataraman Kabupaten Banjar.

Pada Selasa (12/1) , kepada Abdi Persada FM, Pj. Pembakal Desa Tanah Abang Imansyah menyampaikan, desa Tanah Abang merupakan desa yang selalu menjadi langganan banjir setiap tahunnya. Namun untuk tahun 2021 ini, merupakan banjir terparah dibanding tahun sebelumnya, yang mengakibatkan, 28 rumah warga dari 38 rumah di Desa Tanah Abang terdampak Banjir.

PJ Pembakal Desa Tanah Abang Imansyah

“Banjir ditahun 2021 ini sama seperti banjir di tahun 2006 yang lalu. Sama-sama ketinggian airnya bahkan sampai Dada orang dewasa, namun akibat cuaca yang kadang hujan dan kadang panas, maka ketinggian air di Tanah Abang berbeda-beda,” ungkap Imansyah.

Sementara itu, saat ditemui Reporter Abdi Persada FM, salah satu warga Desa Tanah Abang, Mariah menyampaikan, meskipun setiap tahun terjadi banjir di Desa ini, dirinya sangat mengharapkan bantuan Pemerintah akan adanya bantuan sosial untuk kebutuhan sehari-hari.

“Hingga saat ini, kami masih belum dapat bantuan apapun dari Pemerintah, jadi mohon kiranya Pemerintah Kabupaten Banjar, dapat membantu kami disaat musibah banjir,” ungkap Mariah.

Saat dikonfirmasi terpisah oleh Reporter Abdi Persada FM, Sekretaris Daerah kabupaten Muhammad Hilman menyampaikan, dalam situasi menangani musibah Banjir di beberapa Kecamatan di Kabupaten Banjar, pihaknya sudah menyalurkan beberapa bantuan berupa Bantuan Logistik, agar disetiap Kecamatan yang terdampak banjir, dapat membuka dapur umum untuk keperluan bersama para korban banjir.

Sekretaris Daerah Kabupaten Muhammad Hilman

“Sudah kami salurkan bantuan logistik ke setiap Kecamatan yang terdampak banjir, namun bantuan ini tidak dapat kami bagikan ke setiap rumah yang terdampak banjir dan hanya ditempatkan untuk keperluan dapur umum untuk keperluan makan para warga terdampak banjir yang mengungsi,” ucap Hilman.

Untuk diketahui, Dari Pantauan Abdi Persada FM, banjir yang melanda desa Tanah Abang pada Selasa 12 Januari pagi mencapai lutut orang Dewasa, sehingga warga tidak dapat beraktivitas seperti biasanya. Namun, Hujan deras yang melanda Kabupaten Banjar sejak beberapa pekan terakhir, bukan hanya membuat Desa Tanah Abang mengalami banjir, tetapi juga membuat sejumlah Desa di Beberapa Kecamatan mengalami banjir yang serupa.

Adapun Kecamatan-Kecamatan Kabupaten Banjar yang terdampak Banjir yakni Kecamatan Mataraman, Kecamatan Pengaron, Kecamatan Astambul, Kecamatan Martapura Kota, Kecamatan Martapura Timur, Kecamatan Martapura Barat, Kecamatan Karang Intan, dan Kecamatan simpang empat. (MRF/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.