10 Mei 2021

Provinsi Kalsel Jadi Pelopor Percontohan Kode Batang Pada Label Benih

2 min read

Kepala Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalsel Muhammad Ikhsan.

BANJARBARU – Pemerintah Provinsi Kalsel, melalui Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalsel, menjadi Pelopor, dalam percontohan kode batang pada label benih.

Hal ini disampaikan, Kepala Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalsel Muhammad Ikhsan, kepada  Abdi Persada FM, melalui sambungan telpon pada Kamis (7/1) Kemarin.

Disampaikan Ikhsan, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, melalui Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalsel menjadi yang pertama kali dalam inovasi percontohan kode batang pada label benih. Sehingga setiap Provinsi di Indonesia pun, mencontoh kode batang yang dibuat pihaknya untuk diletakkan pada benih tanaman.

“Se Indonesia sudah mengadopsi kode batang label benih, dan kami sebagai percontohan untuk kode batang pada label benih. di label benih yang terdapat pada benih unggul, dulunya manual hanya nomor identitas saja, sekarang sejak tahun 2020 menggunakan kode batang Barcode,” ungkap Ikhsan.

Ikhsan menambahkan, ditahun 2019 lalu, label benih hanya berupa nomor identitas saja, sehingga kode batang ini, merupakan kemajuan dari provinsi Kalimantan Selatan.

“Ditahun 2020, pelayanan publik Balai kami awali dengan inovasi kode batang sekaligus menjadi bank data, yang sudah menggunakan sistem IT, jadi secara tidak langsung nomor seri tersimpan di komputer kami,” jelas Ikhsan.

Dilanjutkan Ikhsan, pihaknya juga telah mendapatkan juara ke-2 se Indonesia, dalam inovasi pelayanan Publik.

“Kami diberikan kepercayaan oleh Kementerian Pertanian, mendapatkan pelayanan publik urutan ke-2 setelah Jawa Barat, dan sekaligus kementerian juga menyampaikan ke kami bahwa kode batang atau barcode pada label benih di adopsi oleh mereka. Jadi se-Indonesia sekarang memiliki kode batang seperti yang kami pakai saat ini,” tutup Ikhsan. (MRF/RDM/RHD)

1 thought on “Provinsi Kalsel Jadi Pelopor Percontohan Kode Batang Pada Label Benih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.