NewsProvinsi Kalsel

Pembahasan Raperda Lansia Sudah Capai Tahap 80 Persen

BANJARMASIN – Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Tentang Perlindungan Masyarakat Lanjut Usia (Lansia) sudah mencapai tahapan 80 persen. Hal itu disampaikan Ketua Panitia Khusus Raperda Perlindungan Masyarakat Lansia, Hasib Salim kepada wartawan, beberapa waktu lalu.

“Tahapan tersebut tercapai setelah pansus melakukan kunjungan ke beberapa wilayah. Yang terakhir ke Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Kabupaten Tapin,” katanya.

Dari kunjungan tersebut, menurut Hasib, Pansus mendapatkan informasi tentang banyaknya lansia yang terlantar di daerah-daerah, baik yang ditinggalkan atau tidak dipelihara oleh keluarganya maupun yang memang sudah tidak memiliki keluarga lagi.

“Kami berharap hasil kunjungan ke Kabupaten/Kota tersebut akan dijadikan masukan untuk memperkaya materi Raperda Perlindungan Masyarakat Lansia tersebut agar nanti ketika diterapkan menjadi Perda dapat benar-benar menyentuh kepada daerah-daerah yang terdapat Lansia terlantar, ” jelasnya.

Selain itu, Politisi PDI Perjuangan ini juga berharap adanya data para Lansia secara akurat untuk menjamin agar di masa tua mereka mendapatkan pelayanan kesehatan dan kesejahteraan.

Hasib menambahkan langkah selanjutnya Pansus akan melakukan uji publik dan finalisasi sehingga diharapkan pembahasan Raperda Perlindungan Masyarakat Lansia bisa segera rampung. (NRH/RDM/RHD)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat