7 Mei 2021

KUPS Yang Terima SK Presiden, Diharapkan Dapat Sejahterakan Masyarakat Sekitar

1 min read

Plt. Kadishut Kalsel Fatimatuzzahra

BANJARBARU – Diberikannya SK (Surat Keputusan) dari Presiden untuk masyarakat pedesaan dan lingkungan sekitar hutan yang tergabung dalam kelompok usaha perhutanan sosial (KUPS), diharapkan dapat memberikan dampak yang positif untuk kesejahteraan dan peningkatan perekonomian, terlebih di Kalimantan Selatan.

Disampaikan Plt Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan Fatimatuzzahra, Kalsel secara keseluruhan mendapatkan tiga SK Hutan Sosial, yakni; Hutan Kemasyarakatan, Lembaga Hutan Desa serta Kemitraan.

“Terdapat tiga KUPS yang terlibat. Sungai Pinang Kabupaten Banjar, Tanah Laut, serta Banjarbaru,” ujar Aya (Sapaan akrabnya), Kamis (7/1) usai penyerahan SK oleh Presiden Joko Widodo.

Lebih lanjut disampaikan Aya, pemegang SK ini akan diberikan akses kelola dalam kawasan hutan selama 35 tahun, yang mana diharapkan SK ini akan memberikan dampak terhadap kesejahteraan masyarakat pedesaan terutama lingkungan sekitar hutan.

“Masing-masing SK diisi kurang lebih 100 KK. Masing-masing KK mendapatkan 1 sampai 2 hektar,” katanya.

Aya juga menyebut tidak ada intervensi terhadap jenis usaha. Sehingga kelompok perhutanan sosial ini dapat menentukan jenis usaha yang cocok dan mereka mampu.

“Tujuannya tidak lain agar mereka mampu mensejahterakan kelompok dan keluarganya,” sebutnya.

Adapun untuk pesan Presiden agar pengawasan terhadap pelaksanaan di lapangan, Aya berujar Pemprov Kalsel telah menyediakan anggaran untuk para pendamping dalam mengawasi kegiatan dan pembinaan yang dilakukan KUPS tadi. Selain sebagai pendamping, kelompok kerja (Pokja) juga bertugas untuk mengontrol dan membantu pada operasional.

“Antara UPT KLHK dengan Pemprov selalu bersinergi untuk membantu operasional di kelompok usaha yang sudah mendapatkan izin,” imbuhnya. (ASC/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.