10 Mei 2021

Apel Gabungan Sambut Malam Tahun Baru, Kerumunan Massa Siap-Siap Dirapid Antigen

2 min read

Gubernur (memegang bendera start) didampingi Kapolda Kalsel dan Danrem 101/Antasari Banjarmasin saat melepas tim gabungan pengamanan tahun baru di Banjarmasin pada Rabu siang (30/12).

BANJARMASIN – Polda Kalimantan Selatan, Korem 101/Antasari dan Pemerintah Provinsi Ķalimantan Selatan, menggelar Apel Bersama dalam rangka Pengamanan Tahun Baru 2021, di siring Sabilal Muhtadin Banjarmasin pada Rabu siang (30/12).  Apel gabungan ini, dipimpin langsung Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto, dan Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah.

Kapolda Kalsel mengatakan, dalam pengamanan pergantian tahun kali ini, melibatkan personil gabungan dari Polri, TNI, pemerintah daerah dan relawan-relawan lainnya. Bahkan tim satgas COVID-19 juga ikut serta terlibat dalam pengamanan tahun 2021, guna menilai tempat-tempat tertentu yang telah memenuhi standar penerapan protokol kesehatan.

Apabila ditemukan tempat-tempat yang tidak memenuhi standar penerapan protokol kesehatan, maka tim gabungan pengamanan tahun baru 2021 akan menindak tegas secara humanis.

Terkait Rapid Antigen, Kapolda Kalsel menyampaikan, bahwa alat tersebut telah disediakan sebanyak 10.000 yang akan digunakan kepada kerumunan massa, yang tidak mengindahkan pembubaran oleh petugas pengamanan di lapangan, saat pergantian tahun.

“Kerumunan massa, apabila kita bubarkan tidak mau, maka akan kita Rapid Antigen di tempat,” tegas Kapolda Kalsel.

Kapolda Kalsel melanjutkan, tindakan  ini sebagai bentuk, agar masyarakat paham bahwa pandemi ini serius. Disatu sisi petugas humanis, namun disisi lain juga tidak main-main melakukan penindakan terhadap pelanggar protokol kesehatan, guna mencegah terjadinya klaster baru penularan COVID-19.

“Untuk itu, semua aparat yang bertugas melaksanakan pengamanan pergantian tahun ini, harus siap dan harus dapat melihat kegiatan masyarakat apa adanya, jangan sampai mengganggu keamanan dan juga membuat klaster baru,” tambah Kapolda.

Dalam kesempatan ini juga, Kapolda mengingatkan kepada seluruh warga Kalimantan Selatan,  bahwa pusat-pusat kegiatan yang setiap malam pergantian tahun menjadi tempat tujuan masyarakat, akan ditutup sebagai bentuk pencegahan klaster baru.

“Melalui kesempatan ini, saya berharap kepada rekan-rekan media baik cetak, elektronik dan online,agar menyampaikan kepada seluruh masyarakat bahwa sudah ada jelas mana daerah yang ditutup, agar tidak bisa didatangi, pemberitahuan ini agar masyarakat tidak kecewa nantinya,” ucap Kapolda lagi.

Kapolda pun menghimbau masyarakat, untuk merayakan tahun baru di rumah saja.  Hal itu agar seluruh masyarakat selamat dari COVID-19 dan terhindar dari menimbulkan klaster baru.

Apel bersama ini, juga turut dihadiri Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Sandharianto, Danlanud Syamsudinnoor Kolonel (Pnb) M.Taufik Arasj, Kabinda Kalsel Brigjen Pol Winarto, Kepala Dinas Kesehatan Kalsel, Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono, Pejabat Utama Polda Kalsel dan Kapolresta Banjarmasin serta diikuti personel Polri, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, BPBD, Damkar dan relawan-relawan pada tahun baru 2021. (BIROHUMASPOLDAKALSEL-RIW/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.