7 Mei 2021

Satgas COVID-19 Kalsel: Libur Akhir Tahun di Rumah Saja

2 min read

Juru bicara satgas penanganan COVID 19 Kalsel.

BANJARMASIN – Libur bersama, seringnya dimanfaatkan keluarga untuk berlibur. Entah sekadar jalan-jalan ke lokasi wisata terdekat, atau pergi berwisata ke luar daerah. Namun berbeda pada libur akhir tahun 2020 ini. Pemerintah justru menganjurkan masyarakat, untuk tetap di rumah saja. Tidak lain, ini ada hubungannya dengan kondisi sebagian besar wilayah di Indonesia saat ini, yang masih dibayangi pandemi COVID-19. Termasuk juga di wilayah Kalimantan Selatan.

“Saya imbau masyarakat dalam hal ini keluarga, untuk berlibur di rumah saja. Diantara keluarga agar dapat saling menjaga, terutama terkait protokol kesehatan. Yakni memakai masker setiap kali hendak keluar rumah, mencuci tangan dengan sabun sesering mungkin, dan membawa perbekalan sendiri jika memang terpaksa keluar rumah. Seperti peralatan sholat serta hand sanitizer,” jelas juru bicara satgas penanganan COVID-19 Kalsel Muhammad Muslim, saat ditemui Abdi Persada FM pada Rabu (30/12).

Lebih lanjut Muslim juga meminta keluarga, dapat saling mengidentifikasi jika ada kemungkinan penularan COVID 19 diantara anggota keluarga, dengan munculnya gejala-gejala. Jika ada tanda – tanda seperti ini, maka seluruh diminta untuk melakukan pemeriksaan di pelayanan kesehatan.

“Apalagi dalam sebulan terakhir ini, cukup banyak di Banua kita ini klaster keluarga dari bebagai kegiatan. Baik itu kegiatan sosial maupun keagamaan. Sebut saja pesta pernikahan, maupun hajatan lainnya. Oleh karena itu, kita tidak menginginkan klaster keluarga ini semakin banyak dari kegiatan liburan akhir tahun kali ini,” tambah kepala dinas kesehatan provinsi Kalsel ini.

Pemerintah daerah di Kalsel pun, masing-masing sudah menerbitkan kebijakan pembatasan aktivitas masyarakat di tempat-tempat wisata, pada libur akhir tahun ini. Sebut saja pemko Banjarmasin, yang meminta tempat hiburan malam untuk tutup mulai malam pergantian tahun, dan juga meminta restoran serta tempat berkumpulnya massa, untuk menghentikan jam operasional maksimal pada pukul 22.00 WITA. (RIW/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.