BanjarNews

Kemenag Banjar Siapkan Pilihan Pemberangkatan Calon Jemaah Haji 2021

BANJAR – Tahun 2020 merupakan tahun yang penuh kejutan bagi masyarakat Kalimantan Selatan.  Karena ditahun ini, akibat adanya penyebaran COVID-19, membuat beberapa hal tidak bisa dilakukan Salah satunya melaksanakan ibadah Haji dan Umroh ke Arab Saudi. Sehingga banyak warga asal banua, termasuk kabupaten Banjar yang gagal berangkat haji ditahun 2020 ini.

Rabu (30/12)  Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjar Rimazullah mengungkapkan, meskipun pemerintah Arab Saudi belum memberikan informasi resmi terkait penyelenggaraan ibadah haji ditahun 2021 mendatang, namun Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama sudah mulai membahas persiapan operasional penyelenggaraan haji.

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjar Rimazullah.

“Terkait penyelenggaraan haji dan umrah di tahun 2021 mendatang, pemerintah pusat sudah menyiapkan 3 opsi, untuk pemberangkatan calon jamaah. pilihan pertama yakni para calon jamaah harus dilakukan vaksinasi COVID-19 sebelum berangkat, dan pandemi ini sudah sirna dengan dilaksanakannya vaksinasi maka pemberangkatan calon jamaah haji akan dilaksanakan dengan kouta seperti biasa yakni sebanyak 221 ribu lebih, calon jamaah haji asal Indonesia . Pilihan kedua kalau pandemi ini masih tetap berlangsung dan haji tetap dilaksanakan, maka ada kemungkinan pembatasan calon jamaah haji yang berangkat. Dan pilihan ketiga kemungkinan masih ditunda untuk keberangkatan haji,” ucap Rimazullah.

Rimazullah menambahkan, Penyelenggaraan haji dan umrah di tahun 2021 banyak yang berubah, baik berupa aturan dan persyaratan Hal ini  dikarenakan wabah pandemi COVID-19 yang masih belum melandai.

“Kami imbau kepada calon jamaah haji asal kabupaten Banjar agar bersabar dan tetap belajar serta memperdalam ilmu manasik haji,” lanjut Rimazullah.

Dilanjutkan Rimazullah, akibat mewabahnya pandemi COVID-19 yang melanda seluruh negara, dan turut menutup kedatangan calon jemaah haji ke Arab Saudi, membuat sebanyak 397 orang dan 17 cadangan calon jemaah haji  asal daerah ini batal berangkat menunaikan rukun Islam ke 5 pada tahun 2020 ini tadi. (MRF/RDM/RHD)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat