5 Maret 2021

DPRD Kalsel Bahas Hampir 100 Persen Raperda 2020

1 min read

Kabag Persidangan, Hukum, AKD dan Layanan Aspirasi Sekretariat DPRD Kalsel, M. Jaini.

BANJARMASIN – DPRD Provinsi Kalimantan Selatan hampir 100 persen membahas Raperda yang masuk dalam program pembentukan peraturan daerah (Propemperda) Tahun 2020.

Hal itu disampaikan Sekretaris DPRD Kalimantan Selatan melalui Kepala Bagian Persidangan, Hukum, Alat Kelengkapan Dewan (AKD), Layanan Aspirasi, Muhammad Jaini kepada wartawan, di ruang kerjanya, Rabu (30/12).

“Semula ada 20 Raperda yang masuk Propemperda Kalsel 2020, tetapi setelah dua kali perubahan akhirnya tinggal 15 Raperda saja. Dengan rincian yaitu tujuh Raperda berasal dari pihak eksekutif dan delapan Raperda inisiatif Dewan,” jelasnya.

Jaini mengungkapkan dari 15 Raperda yang sudah selesai pembahasan itu, baru lima Raperda yang disahkan menjadi Perda yaitu Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2019, Raperda Perubahan APBD Tahun Anggaran 2020, Raperda APBD Tahun Anggaran 2021,R aperda Rencana Pembangunan dan Pengembangan Perumahan dan Kawasan Permukiman (RP3KP) dan Raperda Perubahan Ketiga atas Peraturan Daerah Nomor 14 Tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Umum.

“Sedangkan enam buah Raperda lainnya masih dalam proses fasilitasi Kementerian Dalam Negeri dan empat Raperda masih dalam proses Finalisasi Pembahasan Panitia Khusus,” ungkapnya.

Jaini menambahkan untuk Propemperda Kalsel Tahun 2021 ditetapkan sebanyak 20 Raperda, 12 di antaranya merupakan usulan Komisi-Komisi DPRD Kalimantan Selatan. (NRH/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.