10 Mei 2021

Stok Daging di Kalsel Aman Jelang Nataru

1 min read

Kadisbunnak Kalsel Suparmi.

BANJARBARU – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan memastikan stok daging sapi di daerah terpenuhi menjelang Natal dan tahun baru (Nataru) tahun ini. Meskipun permintaan diprediksi meningkat dari biasanya.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalsel, Suparmi mengatakan, ketersediaan daging untuk kebutuhan Nataru ini sudah diantisipasi jauh-jauh hari. Sehingga pihaknya meminta masyarakat untuk tidak perlu khawatir.

“Alhamdulillah, daging sapi maupun ayam ketersediaannya sangat cukup. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir,” katanya Selasa (22/12) saat gelar konferensi pers di kantor Disbunnak Kalsel.

Secara klasifikasi, Suparmi mengungkapkan, khusus untuk ayam ras, pada Desember 2020 ini ketersediaannya diperkirakan mencapai 7.180.536 ekor. Sedangkan kebutuhan hanya di kisaran 4.243.517 ekor.

“Jadi ketersediaan ayam ras surplus untuk kebutuhan di Kalsel. Sehingga kita bisa menyediakan stok untuk provinsi lain. Salah satunya, Kalteng (Kalimantan Tengah),” ungkapnya.

Adapun untuk stok daging sapi, pihaknya mencatat bulan ini tersedia sekitar 2.169 ekor. Sedangkan kebutuhan diprediksi hanya 1.998 ekor.

“Untuk stok daging sapi, kita sudah menyiapkan dan selalu mengecek secara rutin. Kalau kurang para pelaku usaha langsung mengantisipasinya dengan mengambil dari luar Kalsel,” jelasnya.

Selain daging sapi, Suparmi menyebut, ketersediaan daging kerbau juga aman untuk kebutuhan Nataru.

“Ketersediaan daging kerbau bulan ini ada 204 ekor, sementara keperluan mungkin hanya 196 ekor,” sebutnya. (ASC/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.