NewsProvinsi Kalsel

DPRD Kalsel Selesaikan 15 Raperda Yang Masuk Propemperda 2020

BANJARMASIN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan mampu menyelesaikan pembahasan sebanyak 15 buah Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang menjadi Program Pembentukan Perda (Propemperda) Tahun 2020.

Suasana Rapat Paripurna DPRD Kalsel di Banjarmasin, Rabu (23/12).

“Capaian fungsi pembentukan Perda DPRD Kalsel tahun 2020 mampu menyelesaikan pembahasan 15 buah Raperda yang menjadi Program Pembentukan Perda 2020 atau hampir final 100 persen Raperda sudah diselesaikan pembahasannya,” kata Ketua DPRD Kalsel, Supian HK dalam rapat paripurna Dewan, Rabu (23/12).

Menurutnya, diantara 15 Raperda tersebut, 5 Raperda sudah ditetapkan menjadi Perda yaitu Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2019, Raperda Perubahan APBD Tahun Anggaran 2020, Raperda APBD Tahun Anggaran 2021, Raperda Rencana Pembangunan dan Pengembangan Perumahan dan Kawasan Permukiman dan Raperda Perubahan Ketiga atas Peraturan Daerah Nomor 14 Tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Umum.

“Sedangkan 6 buah Raperda lainnya masih dalam proses fasilitasi Kementerian Dalam Negeri yaitu Raperda Tentang Pengelolaan Kehutanan, Raperda Pemberdayaan Desa Wisata di Kalsel, Raperda Peternakan Berkelanjutan, Raperda¬† Penyelenggaraan Angkutan Sungai dan Danau di Kalsel, Raperda Perlindungan Budaya dan Tanah Adat dan Raperda Penanganan Wabah Penyakit Di Kalsel,” jelasnya.

Supian HK mengungkapkan ada 4 Raperda masih dalam proses finalisasi pembahasan Panitia Khusus yaitu Raperda Pembangunan Perkebunan Berkelanjutan Perubahan Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Provinsi Kalsel, Raperda Pengelolaan Jasa Lingkungan dan Raperda Perlindungan Masyarakat Lanjut Usia.

“Kinerja yang baik dalam proses pembentukan Perda ini tentunya tidak terlepas dari kerjasama dan sinergi yang baik antara DPRD Kalsel dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan. Diharapkan kerjasama ini terus berlanjut di tahun yang akan datang,” pungkasnya. (NRH/RDM/RHD)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat