7 Mei 2021

800 Pelaku IKM Kalsel, Sudah Miliki Sertifikat Halal

1 min read

Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Kalsel Mahyuni.

BANJARBARU – Sertifikat halal, merupakan sertifikat yang dibutuhkan oleh Para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM), untuk memberikan kepastikan kepada para konsumen, terkait bahan-bahan yang terdapat pada produk olahan mereka. Sehingga Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, berupaya semaksimal mungkin untuk membantu pelaku IKM, dalam mendapatkan sertifikat halal.

Kepada Reporter Abdi Persada FM, Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Kalimantan Selatan Mahyuni menyampaikan, hingga saat ini untuk Kalimantan Selatan, sudah terdapat sebanyak 800 pelaku IKM, yang sudah mendapatkan sertifikat halal. Dimana sertifikat halal berguna, untuk meyakinkan masyarakat, bahwa tidak ada zat berbahaya, dari makanan yang mempunyai sertifikat ini.

“Sertifikat halal ini sangat berguna bagi pelaku IKM, dengan ini maka mereka bisa lebih percaya diri lagi dalam mempromosikan olahan mereka,” ungkap Mahyuni.

Mahyuni menambahkan, pihaknya mengharapkan, ditahun 2021 mendatang, akan banyak pelaku IKM yang mendapatkan sertifikat halal.

“Kami berusaha semaksimal mungkin, membantu para pelaku IKM, dalam mendapatkan sertifikat ini, dan ditahun 2021 kami akan turut membantu pelaku IKM mendapatkan sertifikat ini,” lanjut Mahyuni.

Mahyuni melanjutkan, sertifikat halal, bagi Pelaku IKM sangatlah penting untuk didapatkan, sehingga untuk mendapatkan sertifikat ini, maka pelaku IKM harus bisa memisahkan antara Dapur tempat mereka memproduksi makanan untuk dijual, dengan Dapur rumah tangga untuk mereka makan sehari-hari. Dikarenakan ini merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan sertifikat halal.

“Salah satu syarat mendapat sertifikat halal, dengan memisahkan antara Dapur Produksi dengan Dapur rumah tangga. Sangatlah sulit dilakukan oleh pelaku IKM, dikarenakan kebanyakan IKM di Kalsel, hanya mempunyai modal yang sedikit untuk produksi mereka,” tutup Mahyuni. (MRF/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.