15 Mei 2021

PROPERNAS: Satu Perusahaan di Kalsel Raih Peringkat Emas

1 min read

Anugerah PROPER 2020.

BANJARBARU – Sebanyak 59 perusahaan di Kalimantan Selatan mengikuti anugerah penghargaan PROPER atau Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup untuk periode 2019-2020.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kalsel Hanifah Dwi Nirwana menyebut, penganugerahan PROPER yang digelar pada 14 Desember secara virtual ini untuk tingkat nasional.

“Hasil PROPER nasional, 1 perusahaan di Kalsel dapat peringkat emas. 7 peringkat hijau. 48 perusahaan dapat peringkat biru. Kemudian 3 perusahaan mendapatkan merah,” sebutnya Rabu (16/12) melalui sambungan telepon.

Hanifah menjelaskan, 2 dari 3 perusahaan yang mendapatkan peringkat merah ini tidak memasukkan data diaplikasi Sistem Pelaporan Pengelolaan Lingkungan (SIMPEL). Sehingga tidak dapat nilai dan dianggap tidak memenuhi kewajiban. Meskipun kemungkinan besar datanya tersedia, tetapi tidak aktif dalam memasukkan data.

“Kami sudah konfirmasi ternyata belum juga menindaklanjuti. Akhirnya dari dewan PROPERNAS dapat merah. Sedangkan satu perusahaan lainnya, memang ada beberapa indikator yang melebihi baku mutu air limbahnya selama dua bulan,” jelasnya.

Hanifah pun memastikan untuk 3 perusahaan ini akan dilakukan pengawasan dan pembinaan, supaya memenuhi kewajiban pengelolaan lingkungan hidup dengan baik.

“Karena kan peserta PROPERNAS ini usulan pemprov untuk bisa di PROPER. Tidak semua perusahaan itu ikut. Hanya perusahaan-perusahaan yang memiliki dampak penting terhadap lingkungan dan memang perusahaan yang peduli terhadap citra dan reputasi diri yang masuk dalam PROPERNAS,” paparnya.

Pihaknya pun tidak lupa memberikan selamat kepada perusahaan peraih PROPER Emas dan Hijau. Berharap agar tetap meningkatkan inovasi dan kinerja dalam pengelolaan lingkungan. (ASC/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.