17 Mei 2021

Ditetapkan Sama Dengan Tahun 2020, Ini Alasan UMP 2021 Tidak Berubah

2 min read

Ilustrasi tenaga kerja.

BANJARMASIN – Setiap jelang akhir tahun, selalu menjadi momen yang mendebarkan bagi para tenaga kerja di seluruh Indonesia, termasuk di Kalimantan Selatan. Kenapa? Karena diakhir tahun, selalu digelar pertemuan antara pemerintah, akademisi, pengusaha dan perwakilan serikat pekerja yang tergabung dalam Dewan Pengupahan, untuk membahas soal Upah Minimum Provinsi (UMP) satu tahun ke depan. Begitu pula pada tahun ini, pertemuan Dewan Pengupahan pun kembali digelar, untuk membahas UMP tahun 2021. Namun berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana UMP tahun berikutnya selalu mengalami kenaikan walau sedikit, UMP tahun 2021 ternyata ditetapkan sama dengan tahun 2020. Dengan kata lain, tidak mengalami kenaikan.

Ditemui wartawan baru-baru ini di Banjarmasin, kepada dinas tenaga kerja dan transmigrasi Kalimantan Selatan Siswansyah mengungkapkan, keinginan untuk menaikkan UMP tahun 2021, tetap disuarakan serikat pekerja di Kalimantan Selatan. Namun akhirnya, mereka dapat menerima keputusan akhir untuk tidak menaikan UMP tahun 2021.

“Kita ketahui bersama, bahwa kondisi perekonomian Kalimantan Selatan masih terkena dampak dari pandemi COVID-19. Hal itulah yang menjadi alasan, kenapa UMP tahun 2021 tidak mengalami kenaikan. Dan hal ini dipahami oleh para pekerja, dan mereka dapat menerima keputusan ini,” jelas Siswansyah.

Selain itu, menurut Siswansyah, kondisi yang sama juga terjadi di seluruh Indonesia, tidak hanya di Kalsel. Dari 34 provinsi, hanya 5 provinsi yang dapat menaikkan UMP tahun 2021. Namun kenaikan itupun tidak berlaku untuk seluruh sektor ketenagakerjaan. Hanya sektor usaha yang tidak terkena dampak pandemi COVID-19, yang menyanggupi untuk menaikkan UMP tahun 2021.

“Ya kita berharap, semoga perekonomian tahun 2021 membaik, seiring dengan sudah adanya kepastian soal vaksin COVID-19. Dengan begitu, berbagai sektor usaha juga dapat kembali menata diri, dan akan berdampak positif pada kondisi keuangan mereka,” tutupnya. (RIW/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.