3 Maret 2021

Sambangi Kalsel, Ini Harapan Komisi IV DPR RI

2 min read

Ketua rombongan komisi IV DPR RI (depan) didampingi kepala dinas tanaman pangan dan hortikultura Kalsel (baju putih) saat memberikan keterangan kepada wartawan pada Rabu (16/12).

BANJARBARU – Jarum jam menunjukkan pukul 09.35 WITA, ketika rombongan 3 mobil minibus berisikan anggota komisi IV DPR RI, tiba di gudang Bulog Divre Kalimantan Selatan pada Rabu pagi (16/12). Kedatangan komisi yang membidangi pertanian, pangan, perikanan, maritim, lingkungan hidup dan kehutanan ini adalah dalam rangka kunjungan kerja (kunker) pada masa reses sidang II tahun 2020-2021. Hadir pada kunker ini, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor yang diwakili Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalsel Syamsir Rahman, sejumlah kepala SKPD yang menangani masalah pangan di lingkup Pemprov Kalsel, Kepala Bulog Divre Kalsel,  seluruh kepala dinas tanaman pangan dan hortikultura dari 13 kabupaten/kota, serta sejumlah Gapoktan di Kalsel.

Mewakili gubernur, dalam sambutan selamat datangnya, kepala dinas tanaman pangan dan hortikultura Kalsel Syamsir Rahman, menyampaikan berbagai keunggulan bidang pertanian, yang sudah berhasil diraih Kalsel dalam beberapa tahun terakhir. Kesempatan ini, juga tidak disia-siakan Syamsir Rahman, untuk menyampaikan keluhan seputar masalah yang dihadapi Kalsel, untuk memajukan sektor pertanian kedepannya.

“Pada kesempatan ini, kami juga ingin meminta dukungan dari bapak dan ibu anggota dewan yang terhormat, untuk mengubah data luas baku sawah yang direkomendasikan BPN.  Sesuai rekomendasi BPN, ternyata luas baku sawah di provinsi ini hanya 291.000 hektar.  Padahal luas baku sawah yang sebenarnya adalah hampir 500.000 hektar. Kekeliruan data dari Badan Informasi Geospasial – BIG ini,  tentunya akan sangat berdampak pada jumlah serapan pupuk bersubsidi bagi petani. Terkait hal ini, pada akhir pekan ini kami akan bertemu dengan BIG di Bogor, untuk membahas soal data ini,” papar Syamsir.

Menanggapi masukan dan keluhan yang disampaikan para kepala dinas tanaman pangan dan hortikultura di Kalsel, serta gapoktan ini, ketua rombongan komisi IV DPR RI Endang Setyowati Thohari berjanji, akan semaksimal mungkin membantu memecahkan persoalan yang dihadapi. Terutama dari sisi anggaran, mengingat bidang pertanian dan pangan ini, menjadi hal kedua yang paling dibutuhkan selama masa pandemi COVID-19. Namun begitu, Endang juga mengingatkan pemerintah provinsi Kalsel, untuk melindungi keragaman hayati yang ada di bumi Lambung Mangkurat ini.

“Indonesia sudah diakui dunia, memiliki keragaman hayati yang luar biasa. Termasuk provinsi Kalsel, memiliki keragaman hayati yang juga unik. Saya minta gubernur Kalsel untuk terus menggali keragaman hayati ini, dan juga memproteksinya agar tidak punah, ataupun diklaim pihak lain. Dan tentu saja, tujuan besarnya adalah memberikan kesejahteraan kepada seluruh lapisan masyarakat,” harap Endang.

Sayangnya, kegiatan kunker komisi IV DPR RI ini, hanya berlangsung sekitar 1,5 jam. Sehingga tidak semua tamu dan undangan dari dinas tanaman pangan dan hortikultura serta gapoktan, dapat menyampaikan keluhannya. Meski begitu, komisi IV DPR RI berjanji akan membuka pintu kantor mereka selebar-lebarnya, untuk menerima keluhan dan masukan dari masyarakat. (RIW/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.