7 Mei 2021

Pondok Pesantren Diminta Tingkatkan Perekonomiannya

1 min read

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setdaprov Kalsel Syaiful Azhari mewakili Gubernur Kalsel.

BANJARMASIN – Pondok Pesantren yang ada di provinsi Kalsel hendaknya dapat meningkatkan perekonomian mereka, agar pondok pesantren dapat mandiri dalam segi pendanaan mereka. Keinginan ini disampaikan Gubernur Kalimantan Selaran Sahbirin Noor dalam sambutannya yang dibacaka Assisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Syaiful Azhari, saat menghadiri Pelantikan dan Pengukuhan Himpunan Ekonomi Bisnis Pesantren Indonesia (Hebitren) Korwil Kalimantan Selatan Periode 2020-2025, di salah satu Hotel Berbintang di Banjarmasin, Rabu (16/12).

Dalam sambutannya Gubernur menyampaikan, agar produk yang dihasilkan oleh pesantren tidak boleh kalah dengan produk lainnya.

“Pesantren dapat menghasilkan produk olahan yang dapat bersaing di pasaran,” ucapnya.

Ditambahkan Gubernur, dengan berjalannya perekonomian di pondok pesantren dapat mendukung pembangunan di provinsi Kalsel.

Menurut Gubernur, pondok pesantren hendaknya tidak hanya belajar ilmu agama saja. Tetapi juga belajar teknologi dan lainnya.

“Tantangan pondok pesantren saat ini cukup berat, dibandingkan dengan tempo dulu. Mengingat saat ini persaingan semakin ketat. Oleh karena itu, pondok pesantren dapat bersaing dalam teknologi dan lainnya. Sehingga diharapkan perekonomian di pesantren dapat meningkat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Kalsel Gustafa Yandi mengatakan, agar pondok pesantren di Kalsel dapat membentuk koperasi untuk menunjang perkembangan usahanya.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Kalsel Gustafa Yandi.

“Pondok pesantren yang ada di Kalsel, untuk secepatnya membentuk koperasi yang berbadan usaha. Karena saat ini, masih banyak pondok pesantren di Kalsel yang belum memiliki usaha serta koperasi. Untuk menunjang perkembangan usaha mereka,” jelasnya.

Dengan adanya koperasi di pondok pesantren menurut Gustafa,  maka diharapkan perekonomian setempat dan membantu peningkatan pembangunan di Provinsi Kalimantan Selatan,” tutupnya. (SRI/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.