4 Maret 2021

Berhasil Tingkatkan Kualitas Industri UKM, Disnaker Kalsel Beri Penghargaan Siddhakarya

2 min read

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Selatan Siswansyah, saat diwawancarai awak media.

BANJARMASIN – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Selatan, menggelar acara penyerahan penghargaan Siddhakarya yang bertempat di salah satu hotel berbintang di Banjarmasin. Acara dilaksanakan secara virtual dan offline pada Rabu (16/12).

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kalimantan Selatan, saat penyerahan penghargaan Siddhakarya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Selatan Siswansyah kepada wartawan menyampaikan, penghargaan Siddhakarya adalah sebagai bentuk upaya Pemerintah Daerah dalam meningkatkan kualitas industri Usaha Kecil dan Menengah (UKM), melalui program pemagangan berbasis pengguna. Kedepan, tahun 2021 mendatang, diupayakan tidak lagi tinggi jumlah angka pengangguran. Pemagangan merupakan bagian dari sistem pelatihan kerja yang diselenggarakan secara terpadu, antara pelatihan di lembaga, pelatihan bekerja secara langsung dibawah bimbingan dan pengawasan infrastruktur atau pekerja dan buruh yang lebih berpengalaman, dalam proses produksi barang atau jasa, di perusahaan dalam rangka menguasai keterampilan dan keahlian tertentu.

“Dengan program pemagangan berbasis pengguna, angka pengangguran akan berkurang, karena tahun 2020 akibat pandemi COVID-19 terjadi kenaikan 4,74 persen, mengingat pada di tahun 2019 lalu hanya 4,18 persen,” ucapnya.

Sementara itu Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Roy Rizali Anwar menilai, dengan program pemagangan berbasis pengguna yang diikuti sebanyak 270 peserta, terdiri dari 18 perusahaan, hasil penilaian beberapa perusahaan menunjukkan kualitas unggul dan kinerja produktivitas dengan melakukan alat dan teknik secara terlatih profesional. Dengan demikian bagi semua peserta yang mengikuti pemagangan akan terus mampu memaksimalkan pengembangan tenaga kerja.

Pejabat Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Roy Rizali Anwar.

“Dengan program pemagangan berbasis pengguna ini hendaknya akan terus dilaksanakan, agar nanti jumlah angka pengangguran mampu ditekan di Kalimantan Selatan,” katanya.

Untuk diketahui, acara penyerahan penghargaan iniĀ  juga dirangkai dengan penutupan program pemagangan berbasis pengguna. Kegiatan dilaksanakan dengan peserta terbatas dan mematuhi protokol kesehatan. Turut memberikan pengarahan secara online Direktur Bina Pemagangan Kementiran Ketenagakerjaan Republik Indonesia Siti Kustiati, dihadiri Bupati Kabupaten Tanah Bumbu dan Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Laut. (NHF/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.