7 Mei 2021

UDD PMI Banjarmasin Sediakan Plasma Konvalesen Untuk Pasien COVID-19

1 min read

Kepala Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banjarmasin, Aulia Ramadhan Supit.

BANJARMASIN – Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banjarmasin, telah menyediakan plasma konvalesen untuk dapat digunakan sebagai terapi pemulihan pasien COVID-19.

Menurut Kepala UDD PMI Kota Banjarmasin, Aulia Ramadhan Supit kepada Abdi Persada FM pada Selasa (15/12), pihaknya baru pertama kalinya berhasil memproduksi plasma konvalesen untuk pasien COVID-19, sebenarnya dipersiapkan cukup lama, namun ada beberapa hal yang dinilai belum siap, karena mengharapkan  bantuan dari pemerintah.

“Saat ini peralatan sudah memadai, sehingga  kami bisa memproduksi plasma konvalesen,”   ucapnya.

Dokter Aulia menambahkan, plasma konvalesen yang akan ditransfusikan ke pasien COVID-19 merupakan plasma darah pasien yang telah sembuh dari COVID-19, sehingga terapi plasma berasal dari pendonor yang sudah menjalani proses pemeriksaan swab dan titer antibodi. Dengan demikian ada perbedaan donor plasma dengan donor darah biasa. Kalau donor plasma hanya memberikan satu komponen saja, sedangkan untuk donor biasa diambil darahnya lengkap sebanyak 350 atau 450 ml.

Donor darah plasma konvalesen.

“Kalau donor plasma konvalesen diambil 500 ml, dengan pembagian 400 ml dibagi lagi jadi dua, sisanya 100 ml untuk arsip,” ungkapnya.

Lebih lanjut Rama (sapaan akrabnya) menyampaikan, donor plasma hanya akan dilakukan jika ada permintaan, dan pihaknya siap menyediakan 1×24 jam.

“Untuk proses produksi plasma, warga tidak perlu khawatir, karena semua petugas menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap, dan memerlukan waktu kurang lebih 3 jam untuk 1 pasien,” tutupnya. (NHF/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.