7 Mei 2021

4 UPPD di Kalsel Terima Penghargaan Kategori Indeks Kepuasan Masyarakat

2 min read

Foto bersama dengan Kepala UPPD, Kepala Bakeuda Kalsel dan perwakilan LPPM ULM Banjarmasin.

BANJARBARU – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin menyatakan, 4 Unit Pelayanan Pendapatan Daerah (UPPD) milik Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kalimantan Selatan masuk dalam kategori Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) untuk tingkat layanan.

Penyerahan Piagam Penghargaan secara simbolis oleh Kepala Bakeuda Kalsel, Agus Dyan Nur kepada Kepala UPPD Samsat Barabai, Wahid.

Bahkan, Kepala Bakeuda Kalimantan Selatan, Agus Dyan Nur juga memberikan piagam penghargaan kepada 4 UPPD terbaik dalam kurun waktu setahun ini sebagai bukti cendramata dalam pencapaiannya.

Kepala Bidang Perencanaan, Pengembangan, Pengendalian dan Evaluasi Pendapatan Daerah (P3EPD) Bakeuda Kalimantan Selatan, Rahmanita Ariffin mengatakan, dari 4 UPPD yang mendapatkan penghargaan dari Kepala Bakeuda Kalsel meliputi, UPPD Samsat Banjarmasin I, Banjarmasin II, UPPD Samsat Banjarbaru dan Barabai.

“Ini suatu pencapaian yang luar biasa sekali bagi kantor layanan perpajakan daerah (UPPD) milik Pemprov Kalsel. Namun, kedepannya soal catatan yang perlu dievaluasi akan terus menjadi bahan untuk bisa melakukan pembenahan dan perbaikan kedepan,” ujar Kabid P3EPD Bakeuda Kalsel, Rahmanita, usai melaksanakan hasil survey IKM bersama LPPM ULM dan UPPD se Kalsel di aula Bakeuda Kalsel, Senin (14/12) kemarin.

Rahamanita mengharapkan, dengan adanya 4 UPPD yang berhasil mendapatkan nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dan memboyong piagam penghargaan. Dia menginginkan, agar kedepan bisa menjadi contoh bagi sepuluh UPPD yang tersebar di 13 kabupaten/kota di Kalimantan Selatan.

“Semoga ini bisa menjadi penyemangat bagi UPPD lain agar tingkat layanan perpajakan daerah terus dimaksimalkan,” harapnya.

Sementara itu, Kepala UPPD Samsat Banjarbaru, Tommy Hariadi mengungkapkan sangat bersyukur bahwa instansinya terpilih menjadi layanan terbaik bagi masyarakat pada 2020.

“Yang pasti kami sangat berterima kasih kepada Pemprov Kalsel yang telah memberikan penghargaan ke UPPD Samsat Banjarbaru, terkhusus kepada masyarakat yang selama ini selalu berkontribusi dan taat membayar dalam pajaknya untuk daerah. Meski mendapatkan predikat ini, kami akan terus berbenah agar pelayanan di Kota Banjarbaru bisa lebih nyaman dan maksimal lagi,” paparnya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Seksi Pelayanan PKB dan BBNKB UPPD Samsat Banjarmasin I, Helda. Menurutnya, selain mewakili Kepala UPPD Banjarmasin I yang kebetulan berada diluar daerah dan kini telah mendapatkan predikat terbaik sebagai kategori kantor layanan dengan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Dirinya juga membeberkan, akan memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada wajib pajak atau masyarakat yang berkunjung ke instansi pihaknya.

“Pertama-pertama, kami sangat berterima kasih bahwa UPPD Samsat Banjarmasin I mendapatkan predikat terbaik untuk tingkat pelayanan kepada masyarakat, yang pasti kami akan terus memberikan terbaik bagi mereka,” tuturnya.

Untuk diketahui, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Lambung Mangkurat Banjarmasin juga mencatat beberapa hasil evaluasi yang berhasi dilaksanakan. Salah satunya, sarana prasarana seperti pendingin ruangan, minuman gratis hingga fasilitas penunjang lainnya yaitu mesin fotocopy guna memudahkan layanan bagi wajib pajak yang tersebar di wilayah 13 kabupaten/kota di Kalimantan Selatan. (RHS/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.