3 Maret 2021

BPSMB Disdag Kalsel Dapatkan Nilai Memuaskan Dari BPOM Banjarmasin

3 min read

Kunjungan sekaligus Studi Banding BPOM Banjarmasin ke BPSMB Disdag Kalsel.

BANJARBARU – Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Banjarmasin menilai, layanan yang diberikan selama setengah dekade oleh Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang (BPSMB) Dinas Perdagangan Kalimantan Selatan kepada pihaknya, diakui masuk dalam kategori memuaskan.

Kepala BPSMB Disdag Kalsel, Tanwiriah saat mendampingi BPOM Banjarmasin untuk melihat langsung layanan Pengujian milik BPSMB Disdag Kalsel.

Pengawas Farmasi dan Makanan BPOM Banjarmasin, Rivai Endra Dwi Yulianto mengungkapkan selain mewakili Balai POM Banjarmasin. Menurutnya, layanan yang diberikan begitu memuaskan. Terbukti, dari hasil studi banding sekaligus kunjungan itu pihak BPOM harus mengakui bahwa peralatan yang dimiliki oleh BPSMB Disdag Kalsel memang cukup lengkap dan standar.

Kepala BPSMB Kalsel, Tanwiriah saat mendampingi BPOM Banjarmasin untuk melihat langsung layanan di Lab Pengujian BPSMB Disdag Kalsel.

“Bisa dibilang memuaskan, dan komunikasi dengan pihak BPSMB Kalsel juga sangat mudah. Bahkan, berdiskusi apapun yang diinginkan juga gampang,” jelasnya usai mengikuti studi banding dan kunjungan ke Laboratorium Pengujian dan Kaliberasi BPSMB Disdag Kalsel, Senin (14/12) siang.

Dirinya mengklaim, selama 5 tahun atau setengah dekade ini. Pelayanan yang telah diberikan baik 4 tahun sebelumnya hingga sekarang masih tetap memuaskan. Bahkan, untuk skor atau point masuk dalam nilai angka 5, sesuai standarisasi dan dianggap tidak berlebihan.

“Selama berada di BBPOM Banjarmasin sekita 5 tahunan, pelayannnya memuaskan, dari 1 sampai 5, saya pilih angka 5 dan hal ini tidak dianggap berlebihan, artinya standarisasi apapun itu sudah baik,” ucapnya.

Bahkan, Ia menyebutkan, selain pelayanan serta prasarana yang cukup lengkap, jalur komunikasi serta diskusi hingga efesiensi waktu pengujian di kaliberasi juga tergolong cukup cepat dan bagus. Oleh karenanya, hal yang menjadi catatan baru di 2020 yaitu prestasi baru yang diukuir BPSMB Dinas Kalimantan Selatan.

“Cuman waktu Kaliberasinya aja, namun, kami sangat memahami itu. Yang mana, sekarang ini lagi banyak kegiatan BPSMB Kalsel cukup padat. Namun, diharapkan agar bisa cepat supaya tingkat kepuasannya juga tercapai,” ungkapnya.

Terkait hal itu, Kepala BPSMB Kalimantan Selatan, Tanwiriah mengungkapkan sangat mengapresiasi dengan nilai yang diberikan oleh BBPOM Banjarmasin, selain melakukan diskusi dan lain-lain. Diharapkan, layanan dari instansinya bisa terus berkontrubusi lebih kepada pihaknya sebagai pelanggan tetap.

“Kami sangat senang dan bangga, Lab BPSMB Kalsel bisa menjadi tempat sharing dan diskusi BBPOM Banjarmasin. Selain, bisa mengkaliberasi alatnya juga ada pembelajaran tentang pembacaan sertifikasi,” tuturnya.

Soal nilai yang diberikan oleh BBPOM Banjarmasin, Ia mengaku, sangat bersyukur dan berterima kasih. Namun, dirinya juga berharap bahwa sisa kekurangan lainnya nanti bisa menjadi catatan khusus bagi Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dalam meningkatkan mutu pelayanan dari pihaknya.

“Alhamdulillah, kami sangat bersyukur kalau BPSMB Disdag Kalsel mendapat nilai yang memuaskan dari konsumen BBPOM Banjarmasin melalui layanan yang kami berikan selama ini. Sisanya nanti, kami berharap Pemprov Kalsel memberikan perhatian agar efesiensi waktu juga bisa dimaksimalkan lagi agar kedepan konsumen bisa mendapatkan kepuasan lebih lagi,” tuturnya lagi.

Ia membeberkan, untuk 2021 mendatang khusus jadwal layanan dari BPSMB Kalsel baik pengujian dan kaliberasi. Diakuinya, sangat padat. Ditambah lagi, adanya program safari (layanan gratis) yang setiap tahun selalu ditunggu-tunggu oleh pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di 13 kabupaten/kota di Kalimantan Selatan.

“Yang pasti sangat padat, bahkan, layanan bersifat insitu (lapangan) pun juga segera berjalan baik di 2020 maupun 2021 mendatang. Maka dari itu, target-target lain pun akan barus dituntaskan serta pelayanan di BPSMB Kalsel akan terus ditingkatkan lebih baik lagi,” pungksnya. (RHS/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.