15 Mei 2021

Pastikan Pilkada Lancar, Forkopimda Kalsel Tinjau TPS Hingga Kabupaten Banjar

2 min read

Gubernur Kalsel (kopiah hitam di dekat pintu masuk TPS bagian dalam) didampingi Kapolda Kalsel (seragam polisi) saat tiba di TPS 12 Kertak Hanyar pada Rabu (09/12).

BANJARMASIN – Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), melakukan pemantauan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kabupaten Banjar, pada Rabu pagi (9/12).

Tempat pemungutan suara (TPS) yang didatangi langsung rombongan Forkopimda ini, yakni TPS 03 Kertak Hanyar 1 Jalan Ahmad Yani Kilometer 6,8 dan TPS 12 Kertak Hanyar 1 Jalan Ahmad Yani Kilometer 7 Kabupaten Banjar.

Peninjauan TPS oleh Kapolda Kalsel dan Forkopimda, dalam rangka Monitoring Pilkada Serentak Tahun 2020 tersebut, turut dihadiri Ketua KPU Kalsel, Ketua Bawaslu Kalsel, Karo Ops Polda Kalsel dan Direktur Reskrimum Polda Kalsel.

Di dua TPS ini, Kapolda Kalsel menyampaikan beberapa arahan serta penekanan khususnya kepada seluruh personel yang bertugas, agar pelaksanaan pengamanan pemilu dapat berjalan dengan aman dan kondusif,  sembari mengingatkan untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Orang nomor satu di Polda Kalsel ini menuturkan, bahwa personel yang disiagakan di tiap TPS sudah dibekali dengan rencana, skill, dan metode pengamanan yang baik.

“Insya Allah, Pilkada di Kalimantan Selatan aman, damai dan lancar,” sebutnya.

Kapolda Kalsel juga menjelaskan, peninjauan ke sejumlah TPS dimaksudkan untuk memastikan situasi dan kondisi keamanan di Kalimantan Selatan terkendali saat pelaksanaan pemungutan suara.

“Ini salah satu komitmen kami Polri dan TNI menjamin pengamanan pelaksanaan Pilkada 2020 ditengah situasi Pandemi COVID-19. Sehingga diharapkan masyarakat merasa aman dan nyaman dalam menyalurkan hak pilihnya, namun tetap dengan menerapkan protokol kesehatan. Pengaman ini akan tetap kami siagakan hingga pelantikan kepala daerah baru nanti. Harapan kita, partisipasi masyarakat sebanyak banyaknya bisa hadir di TPS. Jangan ada merasa khawatir dan takut. Ini pesta demokrasi 5 tahun sekali, masyarakat suaranya sangat berharga bagi Kalimantan Selatan ini,” ucap Kapolda Kalsel.

Sementara itu, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor yang turut hadir pada kegiatan monitoring ini berharap, kondisi cuaca hujan tidak menjadi penghalang bagi pemilih untuk datang ke TPS, dan menyalurkan hak suaranya.

“Kita berharap partisipasi pemilih pada pilkada tahun ini dapat mencapai target di atas 70 persen. Walaupun pencapaian ini terbilang berat, karena pilkada tahun ini digelar pada masa pandemi, dan juga kondisi hujan deras pada hari pencoblosan ini,” ucap gubernur.

Sebelumnya, pada Selasa malam (8/12),  jajaran Forkopimda Kalsel dipimpin gubernur Sahbirin Noor, juga melakukan monitoring kesiapan pelaksanaan pilkada di seputar kota Banjarmasin. Setidaknya ada 5 titik TPS yang didatangi Forkopimda, dalam kondisi hujan deras. Salah satunya adalah TPS 10 kelurahan Antasan Besar Banjarmasin Tengah, tempat pencoblosan gubernur dan istri pada Rabu pagi (9/12). (BIROHUMASPOLDAKALSEL-RIW/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.