15 Mei 2021

Pelabuhan Perikanan Banjar Raya, Akan Dilengkapi Air Blast Freezer

1 min read

Pembangunan ABF di Pelabuhan Perikanan Banjar Raya.

BANJARMASIN – Untuk meningkatkan pasokan stok ikan di Pelabuhan Perikanan Banjar Raya Banjarmasin, maka di kawasan tersebut akan dibangun fasilitas Air Blast Freezer (ABF) atau tempat pemasak ikan beku.

Kepala UPTD Pelabuhan Perikanan Banjar Raya Banjarmasin Rusdi Hartono menyampaikan, saat ini di kawasan Pelabuhan Perikanan milik Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, sedang dibangun fasilitas ABF dari para pengusaha perikanan di kota ini.

“Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menyewakan lahan kepada para pengusaha perikanan, untuk membangun ABF tersebut,” ucap Rusdi, kepada Abdi Persada, Selasa (8/12).

Maka dengan begitu, lanjutnya, akan menambah pendapatan asli daerah. Dengan adanya penyewaan tempat tersebut.

Selain itu, investasi membangun ABF ini dilakukan oleh pengusaha perikanan di Kota Banjarmasin, untuk kepentingan memenuhi pasokan ikan di Kota Banjarmasin dan sekitarnya.

“Dengan adanya fasilitas ABF tersebut maka pengusaha ikan baik dalam skala besar dan kecil dapat terbantu,” ujar Rusdi.

Menurut Rusdi, pengusaha perikanan di Kota Banjarmasin dan sekitarnya tidak perlu lagi ke Jorong, Kabupaten Tanah Laut, untuk melakukan proses memasak ikan di ABF.

“Dengan adanya fasilitas ABF di Pelabuhan Perikanan Banjar Raya ini, maka warga Kota Banjarmasin tidak perlu jauh jauh lagi ke Jorong, Kabupaten Tanah Laut, untuk melakukan proses memasak ikan di ABF,” tuturnya lebih lanjut.

Menurut Rusdi, selama ini pengusaha perikanan di Kota Banjarmasin melakukan proses pemasakan ikan dilakukan di Jorong.

Proses pemasakan ikan ini dilakukan sebelum ikan ikan tersebut di masukan pada ruangan pendingin.

“Maka dengan begitu ikan beku lebih awet lagi. Dan, dapat memenuhi kebutuhan pasokan ikan pada saat ikan kosong di pasaran,” ucap Rusdi. (SRI/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.