7 Mei 2021

Aktivitas MCK dan Buang Sampah di Sepanjang Sungai Harus Diminimalisir

1 min read

Kadis LH Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana.

BANJARBARU – Indeks pencemaran (IP) sungai di Kalimantan Selatan secara rata-rata masih berada dalam kategori cemar sedang. Hal ini terungkap berdasarkan analisis kualitas air yang telah dipantau Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kalsel pada tahap pertama atau pada saat musim kemarau.

“Untuk tahap kedua sedang menunggu hasil dari analisis yang dilakukan oleh laboratorium,” ujar Kepala Dinas LH Kalsel Hanifah Dwi Nirwana, Selasa (1/12) kemarin.

Kualitas air sendiri dihitung dari banyaknya kandungan-kandungan yang ada di sungai. Mulai dari bakteri Escherichia Coli (E-coli), Coliform, logam besi (Fe), tingkat keasaman (Ph) dan lain-lain.

“Sebagian besar kondisi sungai statusnya cemar sedang atau dalam kata persentase sekitar 63 persen,” sebutnya.

Disampaikan Hanifah, dari pemantauan mereka rata-rata sungai di Kalsel sebagian besar masuk kategori cemar sedang lantaran masih rendahnya kualitas tutupan lahan. Serta, tinggi kandungan E-coli di sungai.

“Ini karena sebagian besar warga masyarakat masih beraktivitas MCK (mandi cuci kakus) di sepanjang sungai,” tambahnya.

Menurutnya, menjadi bagian pekerjaan penting bagi semua, khususnya kabupaten/kota untuk meningkatkan kampanye meninggalkan kebiasaan MCK di sungai.

“Termasuk juga kebiasaan masyarakat yang buang sampah di sungai, benar-benar menjadi PR penting yang diharapkan tahun nanti menjadi fokus penanganan serius di kabupaten/kota,” harapnya.

Kewenangan sampah sendiri kata Hanifah, sepenuhnya ada di kabupaten/kota. Hal itu sebagaimana Permendagri nomor 90 tahun 2019.

“Provinsi sudah tidak ada lagi, kami hanya mendorong dan mengapresiasi. Tugas pentingnya justru daerah,” paparnya.

Oleh karena itu, dia berharap kabupaten/kota lebih giat melakukan inovasi-inovasi untuk penyelesaian masalah sampah.

“Kalau provinsi kewenangannya pada TPA regional,” pungkasnya. (ASC/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.