7 Mei 2021

2020, Capaian Pelanggan BPSMB Kalsel Naik Diangka 245

2 min read

Salah satu pegawai teknis BPSMB Disdag Kalsel sedang menganalisa hasil pengujian secara insitu (diluar laboratorium).

BANJARBARU – Tingginya tingkat layanan terhadap konsumen. Membuat jumlah angka bagi pelanggan di UPTD Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang (BPSMB) Kalimantan Selatan kembali naik, bahkan mengalami penambahan. Terbukti, dari total sekitar 245 pelanggan tetap, terdapat ada 42 pelanggan baru didalamnya.

Kepala UPTD BPSMB Kalimantan Selatan, Tanwiriah mengatakan, sepanjang tahun ini, setidaknya bukan hanya jumlah pelanggan mengalami kenaikan, namun juga pelayanan yang bersifat insitu atau diluar laboratorium pun juga meningkat secara signifikan. Hal tersebut, terlihat dari jadwal layanan jasa BPSMB itu sendiri.

Kepala BPSMB Disdag Kalsel, Tanwiriah.

“Alhamdulillah, secara data pencapaian ini sangat luar biasa. Bahkan, dari 203 pelanggan tetap, 42 didalam adalah pelanggan baru BPSMB Kalsel dan kalau ditotal menjadi 245,” ujarnya kepada Abdi Persada FM, usai mengikuti kegiatan rapat koordinasi internal di ruang rapat BPSMB Kalsel, Rabu (2/12).

Dari total 245 pelanggan tetap, Ia memaparkan, perusahaan yang menggunakan jasa Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang (BPSMB) Kalimantan Selatan sebagian besar adalah instansi pemerintahan dan perusahaan swasta lokal yang tersebar di 13 kabupaten/kota dan sisanya di luar Kalimantan Selatan.

“Yang pasti ini merupakan capaian kami sepanjang tahun 2020. Maka dari itu, pelayanan pun akan terus ditingkatkan,” ungkapnya.

Layanan di Laboratorium uji Kaliberasi milik BPSMB Disdag Kalsel.

Disamping itu pula, Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) yang merupakan naungan Dinas Perdagangan Kalimantan Selatan ini, tetap berkeinginan, meski telah berhasil mewujudkan harapan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan. Akan tetapi, dirinya menyebut, kedepankan akan terus meningkatkan kualitas serta kuantitas dalam layanan terbaik kepada pelanggan.

“Secara teknis layanan Pengujian dan Kaliberasi yang kami miliki sangat standart dan telah mendapatkan logo Komite Akteditasi Nasional (KAN) sehingga optimis untuk mencapai target yakin bisa,” tuturnya.

Ia menuturkan, selain terus memaksimalkan layanan Pengujian dan Kaliberasi baik melalui uji laboratorium dan sistem insitu, pihaknya akan segera mengakreditasi pelayanan khusus Thermo Hygro (alat pengukur suhu udara dan kelembaban). Sehingga, dipastikan kelengkapan yang dimiliki bisa mencapai target secara keseluruhan dan keinginan pelanggan pun sepenuhnya juga bisa terpenuhi.

“Rencananya, layanan Thermo Hygro akan segera diakreditasi. Hal ini, menandakan bahwa keinginan pelanggan/konsumen bisa tetap tercapai,” bebernya.

Bahkan, tercatat sepanjang 2020, dia mengungkapkan, layanan sampel yang telah diuji dari 245 pelanggan berjumlah hampir 1.000 lebih dengan nilai angka capaian sebesar 100 persen lebih.

“Alhamdulillah, mudah-mudahan pelanggan lainnya bisa juga ikut mendukung adanya keberadaan BPSMB Disdag Kalsel ditengah masyarakat, baik secara insitu atau dalam laboratorium. Bahkan, sistem digital sepenuhnya kami telah miliki sehingga kemudahan konsumen terus terpenuhi,” pungkasnya. (RHS/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.