10 Mei 2021

Lestarikan Olahraga Tradisional, Pemprov Kalsel Gelar Festival Balogo dan Bagasing

2 min read

Dispora Kalsel gelar Festival Balogo dan Bagasing.

BANJARMASIN – Dalam rangka melestarikan olahraga tradisional asal Banua, maka Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalsel melaksanakan Festival lomba Balogo dan Bagasing pada peringatan HUT Kopri tahun 2020.

Festival Balogo dan Bagasing ini dilaksanakan di halaman Perkantoran Setda Provinsi Kalimantan Selatan, Selasa (2/11).

Pj Sekdaprov Kalsel Roy Rizali Anwar dalam sambutannya yang dibacakan Kepala BKD Provinsi Kalsel Sulkan menyampaikan, atas nama Pemerintah Provinsi Kalsel, ia menyambut baik dan mengapresiasi atas terselenggaranya lomba olahraga tradional balago dan bagasing ini.

“Ini merupakan wujud keperdulian dan komitmen dari kita, Pemerintah Provinsi Kalsel, dalam melestarikan budaya yang kita miliki,” ucapnya.

Dalam melestarikan budaya yang dimiliki, lanjutnya, salah satunya olahraga tradisional balago dan bagasing.

Menurut Roy, dizaman sekarang mungkin sangat jarang menemui permainan tradisional seperti balogo dan bagasing. Terlebih permainan tersebut dimainkan oleh anak anak maupun generasi muda saat ini.

“Meski saat ini zaman telah berubah, namun kita harus tetap melestarikan budaya yang kita miliki, seperti balogo dan bagasing,” ucapnya.

Selain itu, permainan balogo dan bagasing ini juga dapat mengasah kreativitas, ketangkasan, kecerdasan, dan juga kerjasama, serta yang terpenting adalah dapat melestarikan budaya maupun olahraga tradisional ini, dan dapat mengenalkan dan mewariskan kepada generasi muda ini.

Sementara itu, Kepada Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan Hermansyah menyampaikan, digelarnya festival balogo dan bagasing ini, dalam rangka memperingati HUT Kopri.

Menurut Hermansyah, dipilihnya olahraga balogo dan bagasing ini, agar peserta yang terdiri dari ASN di lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dapat mengenal lebih jauh olahraga tradisional asal banua ini.

“Kami bersyukir, Festival Balogo dan Bagasing Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan ini, diikuti antusiah oleh peserta lomba,” ucap Hermansyah.

Pada Festival Balogo dan Bagasing ini Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan menyediakan total hadiah sebesar Rp50.000.000.

Selain itu, Hermansyah menyampaikan, seperti harapan mereka yang telah disampaikan pada saat Pelantikan Pengurus Persatuan Olahraga Tradisional (Portina) Provinsi Kalimantan Selatan beberapa waktu lalu, jika Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan mengembangkan olahraga tradisional di provinsi ini.

Menurut Hermansyah, peningkatan olahraga tradisional ini, dengan mengadakan perlombaan olahraga tradisional seperti balogo dan bagasing.

“Kedepannya olahraga tradisional balogo dan bagasing ini, akan dilaksanakan dalam tingkat nasional,” ujar Hermansyah. (SRI/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.