6 Mei 2021

Maksimalkan Syarat Pilkada 2020, Stok Blangko E-KTP Cukup Hingga Desember

2 min read

Plt. Gubernur Kalsel, Rudy Resnawan.

BANJARBARU – Demi memaksimalkan langkah tertib pemilih menjelang pelaksanaan Pilkada 2020, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan memastikan ketersediaan stok blangko e-KTP masih sangat tercukupi hingga Desember mendatang.

Suasana kegiatan rapat kerja (raker) Tahapan Pilkada 2020 bersama dengan jajaran DPD RI, Bawaslu dan KPU Kalsel, di aula Aberani Sulaiman.

Plt Gubernur Kalsel, Rudy Resnawan memaparkan, ketersediaan e-KTP dipastikan masih sangat tercukupi, bahkan berlebih. Mengingat hal tersebut setidaknya telah disiapkan dan diantisipasi oleh Dinas Kependudukan, Pencatatan Sipili dan Keluarga Berencana (Disdukcapil & KB) Kalimantan Selatan.

“Setelah adanya rapat koordinasi dengan Disdukcapil Kalsel terkait ketersediaan blangko e-KTP, bahwa dipastikan stok sangat tercukupi dan berlebih,” ujarnya saat memaparkan materi rapat kerja (raker) DPD RI bersama Gubernur Kalsel, di aula Aberani Sulaiman Setdaprov Kalsel, Senin (30/11) siang.

Dari paparannya kepada sejumlah jajaran DPD RI, Bawaslu dan KPU Kalsel tersebut, Ia menyebutkan, stok blangko e-KTP yang juga telah salurkan kepada Disdukcapil di 13 kabupaten/kota, diharapkan masyarakat yang belum memiliki tanda kependudukan berkonsep elektronik ini bisa segera menyelesaikan persoalan tersebut supaya bisa mengikuti pelaksanaan Pilkada 2020 pada 9 Desember mendatang.

Ketua DPRD Kalsel, Supian HK (gunakan peci), Wakil Ketua II DPD RI, Mahyudin (tengah) Plt Gubernur Kalsel, Rudy Resnawan saat raker tahapan Pilkada 2020, di aula Aberani Sulaiman, Senin (30/11) siang.

“Sepenuhnya telah tersedia melalui Kemendagri RI di bawah Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil), Disdukcapil Kalsel yang diberikan tanggungjawab sebagai fasilitator sepenuhnya telah disalurkan ke tingkat kebupaten/kota,” ungkapnya.

Rudy menambahkan, hingga kini masyarakat tidak perlu mengkhawatirkan terkait ketersediaan blangko e-KTP. Karena, hal ini sepenuhnya telah diantisipasi agar tidak menjadi problematika yang berlarut-larut.

“Alhamdulillah, stok blangko e-KTP baik yang sudah melakukan perekaman ataupun belum, dipastikan tidak mengalami kekurangan dan masyarakat bisa memanfaatkan momentum ini,” tuturnya.

Sebelumnya, terhitung sejak Mei hingga September 2020 lalu stok yang telah terima oleh Dinas Kependudukan, Pencatatan Sipil dan Keluarga Berencana (Disdukcapil dan KB) Kalimantan Selatan sebanyak 164 ribu. Bahkan, sudah disalurkan di Kabupaten/Kota.

“Saat masih berlangsungnya pandemi COVID-19, ketersediaan blangko E-KTP di Kalimantan Selatan masih sangat tercukupi bahkan terpenuhi,” papar Kepala Disdukcapil dan KB Kalimantan Selatan, Irfan Sayuti.

Selain ketersediaan stok terpenuhi, Ia mengungkapkan, pelayanan di 13 kabupaten/kota di kalimantan selatan masih berlangsung aman dan lancar. Sehingga, dipastikan Pemerintah Provinsi terus bisa memenuhi ketersediaan stok yang diminta oleh pihak Disdukcapil.

“Dari Perwakilan Pempov Kalsel sebagai bahan penghubung sangat antusias untuk membantu dan memfasilitasi dalam kelancaran pengiriman untuk pemenuhan stok di provinsi. Tujuannya, tak lain dan tak bukan, agar pelayanan kepada masyarakat bisa tetap terus dipenuhi,” ujarnya. (RHS/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.