10 Mei 2021

BLT-DD: Banjar Terbanyak Penyaluran

1 min read

Kadis PMD Kalsel, Zulkifli.

BANJARBARU – Penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) yang berasal dari dana desa (DD) telah memasuki delapan bulan penyaluran.

Berdasarkan data yang disampaikan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kalsel, secara total sudah disalurkan sebesar 336 miliar rupiah lebih, sejak April hingga 24 November 2020.

BLT-DD sendiri merupakan bantuan dari pemerintah yang dialokasikan dari dana desa, untuk diberikan ke masyarakat desa yang tidak mampu dan terdampak pandemi COVID-19.

Kepala Dinas PMD Kalsel, Zulkifli berujar, dari 11 kabupaten yang ada di Kalsel, BLT-DD paling banyak disalurkan di Banjar. Yakni, sebesar 62.316.600.000 rupiah.

“Karena Kabupaten Banjar punya desa paling banyak di Kalsel, dengan jumlah 277 desa,” terangnya.

Sementara kabupaten yang paling sedikit menyalurkan BLT-DD ialah Tabalong. Zulkifli menyampaikan, di daerah yang memiliki 121 desa ini BLT-DD yang disalurkan hanya 14.777.100.000 rupiah.

“Tabalong sedikit, sebab jumlah desanya juga paling sedikit,” ucapnya.

Saat ini, penyaluran BLT-DD sudah memasuki tahap ke enam. Pada tiga tahap awal, setiap kepala keluarga menerima 600 ribu rupiah. Setelah itu di tahap selanjutnya, 300 ribu rupiah untuk setiap kepala keluarga.

Zulkifli mengungkapkan, pada November ini ada 10 desa yang menyalurkan BLT-DD.

“10 desa ini semuanya dari Hulu Sungai Utara,” ungkapnya.

Pria yang akrab disapa Zul ini berharap, desa-desa di Kalsel dapat segera merealisasikan penyaluran BLT-DD di tahap enam. Agar perekonomian di desanya terus berputar.

“Kalau untuk tahun depan, kami berharap ada program bangkit untuk desa. Semacam recovery setelah pandemi COVID-19,” harapnya. (ASC/RIW/EYN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.