17 Mei 2021

Malam Puncak Ragam Pesona Budaya Banjar 2020, Disemarakkan Lagu Banjar

2 min read

Endah dan Rita, artis jebolan D'Academy, membawakan lagu daerah Banjar dan Dangdut.

BANJARMASIN – Taman Budaya Provinsi Kalimantan, sukses menggelar malam puncak acara Ragam Pesona Budaya Banjar Wayahnya Badundang Tahun 2020, di gedung Balairung Sari Jalan Hasan Basry, Kota Banjarmasin. Dengan disemarakkan berbagai lagu Banjar gelaran ini diselenggarakan secara virtual, pada Rabu malam (25/11).

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan, Suharyanti.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan, Suharyanti kepada Abdi Persada FM, Kamis (26/11) di ruang kerjanya menyampaikan, pagelaran ini merupakan rangkaian puncak dari Ragam Pesona Budaya Banjar 2020, yang sudah dilaksanakan berbagai macam kegiatan, sejak April – November 2020. dari lomba hingga pertunjukan seni, semuanya dilaksanakan secara virtual. Selain itu pihaknya telah mengundang artis lokal dan luar daerah, dari jebolan D’academy, diantaranya Endah, Rita, Adies Momo, dan Yogie Nandes, sedangkan Fani Vanila dari alumni Kontes Dangdut Indonesia (KDI), dan menghadirkan artis lokal Tommy Kaganangan yang masing-masing membawakan lagu daerah Banjar dan dangdut, selain itu beberapa seniman yang pernah memenangkan kontes seni, budayawan, serta dihadiri langsung Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan.

“Lagu Banjar yang dipentaskan diantaranya berjudul Karindangan, Paris Barantai, Baras Kuning, Ala Ahay, Ratik Wara, dan Ampar Ampar Pisang, kemudian lagu dangdut lain yaitu Tarik sis Semongko, Penasaran, Laksmana Raja Dilaut, Seperti Mati Lampu, serta Kopi Dangdut,” ucapnya.

Presenter Terry Putri memandu acara dengan Dua Haram.

Suharyanti menambahkan, pagelaran seni musik ini hasilnya membanggakan karena mampu menghadirkan kolaborasi antar penyanyi, baik lagu yang ditampilkan daerah Banjar dan lagu dangdut bahkan ada beberapa lagu Malaysia, selain itu acara dipandu presenter kondang Terry Putri dan Dua Haram, di sela-sela acara juga diselingi dengan talkshow singkat, untuk diskusi kemajuan seni yang ada di 13 Kabupaten dan Kota.

‘Pertunjukan seni dimasa pandemi COVID-19, tidak menjadi penghalang bagi seniman di daerah tetap berkarya,” tutupnya.

Untuk diketahui, Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan menggelar malam puncak ragam pesona budaya Banjar Tahun 2020, Wayahnya Badundang, secara virtual yang dimulai dari jam 20.30 WITA sampai jam 22.30 WITA. Masyarakat dapat menontonnya melalui konten youtube, karena masih pandemi COVID-19. Jumlah penontonpun dibatasi dan panitia menerapkan protokol kesehatan secara ketat, bahkan setelah acara dilakukan penyemprotan disinfektan diseluruh ruangan tersebut. (NHF/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.