17 Mei 2021

BTIKP Kalsel Luncurkan Aplikasi BASARUAN

2 min read

BANJARBARU – Balai Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (BTIKP) Kalimantan Selatan telah meluncurkan aplikasi platform berbasis digital, yaitu BASARUAN atau Belajar Bersama Guru-Guru di Seluruh Provinsi Kalimantan Selatan.

Kepala BTIKP Prov. Kalsel, Ekhsan Muchtar.

Kepala BTIKP Kalsel, Ekhsan Mucthar mengungkapkan, untuk memudahkan sistem pembelajaran ditengah situasi pandemi COVID-19, maka dengan berbagai upaya akhirnya pihak Pemprov Kalsel pun berhasil menciptakan aplikasi berbasis digital yang mampu dimanfaatkan sebagai alternatif pengganti Zoom Meeting, Jetsi dan Google Meet.

“Ditengah pandemi COVID-19, aplikasi ini merupakan solusi terbaik dan mampu diakses di 13 kabupaten/kota di Kalimantan Selatan khususnya dunia pendidikan sangat dibutuhkan serta kualitas sinyal juga cukup bagus,” ujarnya kepada Abdi Persada FM, melalui sambungan telepon, Rabu (25/11) siang.

Diungkapkan Ekhsan, selain mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, aplikasi yang berhasil diluncurkan itu dipastikan mudah diakses. Bahkan, penggunaan kouta internetnya lebih hemat serta gratis didapatkan.

“Yang pasti mudah diakses, dan BASARUAN juga gratis dimiliki. Bahkan, platform ini bisa digunakan sebagai tempat pertemuan meeting atau lainnya. Sangat berguna sekali,” tuturnya.

Dalam pencapaian tersebut, Dia menyebut, sebagai Unit Pelakasana Teknis (UPT) milik Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kalimantan Selatan, tuntutan era digitalisasi 4.0 harus dimaksimalkan, mengingat kreativitas guru juga wajib memiliki keahlian dalam memanajemen teknologi dizaman serba canggih meski tahun ketahun masih didominasi kaum millenial.

“Diera digitalisasi sekarang ini, setidaknya kreativitas dengan memanfaatkan teknologi menjadi tuntutan wajib kita semua. Bahkan, hal ini merupakan, suatu keharusan,” katanya.

Namun, Ia menuturkan, meski aplikasi platform BASARUAN telah lengkap dan disempurnakan, untuk bisa mendapatkan aplikasi tersebut, guru, tenaga pendidik dan satuan pendidikan baik ditingkat SD, SMP, SMA hingga SMK terlebih dahulu harus menghubungi pihak BTIKP Kalsel.

“Untuk bisa mendapatkan aplikasi ini silahkan hubungi BTIKP Kalsel, kalau Zoom itu kan bayar, BASARUAN tidak,” ungkapnya.

Dengan diluncurkannya BASARUAN untuk keperluan pendidikan ditengah pandemi COVID-19, dirinya berencana akan mengusulkan masuk dalam daftar Google Play Store. Hal ini bertujuan, agar aplikasi tersebut mudah diakses dan didapatkan.

“Untuk bisa diakses, rencananya memang ada di platform Google Play Store dan lain-lain,” tuturnya.

Melalui aplikasi BASARUAN, apabila berhasil mengakses, maka ada tiga feature yang dapat dinikmati, yakni, Video Pembelajaran, Video Conference, hingga Website Tasks 13 Kab/kota. Bahkan, didalamya juga difasilitasi Virtual Conference untuk memudahkan proses belajar dan mengajar jarak jauh secara virtual. (RHS/RDM/EYN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.