17 Mei 2021

Jelang Akhir Masa Kampanye, Bawaslu Banjarbaru Gelar Rakernis

2 min read

BANJARBARU – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Banjarbaru, menggelar Rapat Kerja Teknis Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) di salah satu hotel di Banjarbaru, Selasa (24/11).

Kepada Abdi Persada FM, usai membuka kegiatan ini Ketua Bawaslu Kota Banjarbaru, Dahtiar menyampaikan, rakernis ini digelar untuk memperkuat koordinasi dan sinergitas serta fungsi gakkumdu baik dari unsur bawaslu, kejaksaan maupun dari unsur polres Banjarbaru dalam menghadapi pilkada 2020, terlebih menjelang akhir masa kampanye.

“Jadi, kita mengantisipasi khususnya terkait dengan menjelang berakhirnya masa kampanye pada tanggal 5 Desember nanti. Kemudian menjelang masa tenang, 6-8 Desember, dan hari H 9 Desember nanti,” jelas Dahtiar.

Ditambahkan Dahtiar, masa-masa sekarang ini, potensi pelanggaran yang paling rawan dilakukan oleh masing-masing pasangan calon adalah money politik (politik uang).

“Kami bawaslu, dalam hal ini menjelang masa tenang, kami akan menggalakkan kembali patroli pengawasan. Dan sesuai permintaan bawaslu RI, kami juga sudah mulai memetakan daerah-daerah rentan, yang bisa dimasuki ‘praktek’ money politik,” tambah Dahtiar.

Untuk pengawas sendiri, disampaikan Dahtiar pihaknya pasti akan memerintahkan seluruh pengawas, baik di tingkat kecamatan (panwascam) hingga ke pengawas TPS untuk mengawasi dan memonitor titik-titik yang dianggap rentan atau rawan dimasuki money politik.

Untuk diketahui, rakernis kali ini diikuti oleh 35 peserta, antara lain dari anggota sentra gakkumdu baik dari unsur pengawas pemilu, kejaksaan maupun kepolisian, serta dari divisi Hukum dan Penindakan Pelanggaran (HPP) panwascam se-kota Banjarbaru. Kegiatan ini juga, mendatangkan beberapa narasumber, antara lain Akademisi dari UIN Sunan Gunung Djati Bandung DR. Dede Kania, Akademisi dari ULM Banjarmasin Diana Haiti, Kasi Pidum Kejari Banjarbaru Alfano Arif Hartoko, serta  Azhar Ridhanie dari Bawaslu Kalsel serta dari satreskrim polres kota Banjarbaru. (RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.