17 Mei 2021

Disdag Kalsel Gelar Pasar Murah Jelang Natal dan Tahun Baru

3 min read

Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan Birhasani, resmi membuka pasar murah.

BANJARMASIN – Dinas Perdagangan (Disdag) Provinsi Kalimantan Selatan, menggelar pasar murah menjelang natal dan tahun baru, di halaman kantornya Jalan S Parman pada Selasa (24/11).

Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan Birhasani kepada wartawan usai membuka gelaran pasar murah ini mengatakan, kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan, dan untuk sementara hanya melayani warga yang bertempat tinggal di Kecamatan Banjarmasin Tengah khususnya di 10 Kelurahan, demi menghindari terjadinya kerumunan pembeli, karena sejak pandemi COVID-19, pasar murah hanya dilakukan melalui door to door.

“Kegiatan pasar murah ini diikuti sebanyak 50 stand pelaku usaha menengah kecil dan mikro (UMKM), kemudian keterlibatan dari beberapa Dinas diantaranya Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Tanaman Pangan Holtikutura, Dinas Peternakan Perkebunan dan Bulog Kalimantan Selatan,” katanya.

Birhasani menyampaikan, dari hasil evaluasi pelaksaan pasar murah pertama digelar saat pandemi COVID-19, ternyata baik pembeli dan penjual masing-masing menerapkan secara ketat protokol kesehatan (prokes), sehingga direncanakan akan digelar, dalam waktu dekat ini, menjelang natal dan tahun baru di 13 belas Kabupaten dan Kota.

“Kami akan segera berkoordinasi dengan Dinas terkait dan juga Bulog Kalsel, sebelum dilaksanakan nantinya,”ucapnya.

Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan Birhasani, didampingi Kepala Bulog Kalsel Drive Arif Mandu, memperkenalkan produk beras baru.

Menyikapi adanya pasar murah ini, warga Kampung Gedang Kecamatan Banjarmasin Tengah Dewi menilai, kegiatan pasar murah ini sangat bermanfaat dan harganya lebih murah dari pada di pasaran, seperti gula, teh, tepung, susu, minyak goreng, ayam, ikan dan telur.

“Kegiatan pasar murah ini sebaiknya setiap satu bulan sekali, apalagi masih pandemi COVID-19 seperti sekarang ini,” ujarnya.

Sementara itu salah satu pelaku Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) dan sebagai anggota DPC Gerakan Kewirausahaan Nasional Kabupaten Tabalong, Muhammad Khalid mengaku, dirinya ikut berpartisipasi dalam kegiatan pasar murah ini secara langsung, karena ingin memperkenalkan produk yang dijualnya berupa akar bajakah, kopi bajakah dan teh bajakah, serta minuman herbal lainnya, karena produk ini mampu diekspor ke luar negeri seperti ke negara Cina, Taiwan, Malaysia bahkan Singapura.

Salah satu peserta UMKM yang ikut berpartisipasi di kegiatan pasar murah, Muhammmad Khalid, menjual produknya kopi dan teh bajakah, yang sudah mampu diekspor ke luar negeri.

“Produk minuman herbal ini nanti diharapkan dapat diminati untuk dikonsumsi masyarakat banua sendiri, tidak hanya negara lain yang rutin membeli dan mengkonsumsinya, karena kopi dan teh serta akar bajakah sudah jelas khasiatnya,” harapnya.

Dalam kegiatan pasar murah itu pula, Bulog Kalimantan Selatan, meluncurkan produk beras baru. Kepala Bulog Divre Kalimantan selatan Arif Mandu mengatakan, pihaknya sengaja memperkenalkan produk beras baru, dengan keunggulan hasil nasi yang dimasak beraroma cita rasa timur tengah, sehingga bagi yang ingin memasak dengan beras itu, tidak perlu repot lagi menggunakan bumbu rempah dibeli di pasaran, karena sudah lengkap dengan bumbunya.

“Harga per bungkus Rp45.000, bisa dikonsumsi lima orang, produk beras itu diantaranya nasi mandhi, nasi mesir, dan nasi briyani,” tutupnya.

Untuk diketahui, kegiatan pasar murah ini, tetap ketat menerapkan protokol kesehatan (prokes), warga yang datang diatur masuk ke dalam stand agar tidak berkerumun, pembeli dan penjualpun diperiksa suhu badan, wajib mamakai masker, rata rata dagangannya laku terjual seperti tahu bakso, bolu pisang, teh, kopi herbal, bumbu dapur, sembilan bahan pokok seperti gula, beras, telur, minyak goreng, kemudian juga dari sayur mayur yaitu seperti cabe rawit, kol, wartel danĀ  kentang serta ikan segar dan ayam. (NHF/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.