15 Mei 2021

Nico Afinta Pamit, Rikwanto Siap Lanjutkan Prestasi Polda Kalsel

2 min read

Rikwanto (kiri, Kapolda Kalsel saat ini) berjabat tangan dengan Nico Afinta (kanan, kini Kapolda Jawa Timur) usai gelar jumpa pers di mapolda Kalsel pada Senin (23/11).

BANJARMASIN – Kepala kepolisian daerah (Kapolda) Kalimantan Selatan, resmi berganti pada Jum’at lalu (20/11). Dari semula dijabat Nico Afinta, digantikan oleh Rikwanto. Keduanya sudah mengucapkan sumpah jabatan di hadapan Kapolri Idham Azis, sebagai pimpinan tertinggi di jajaran Polda Kalimantan Selatan untuk Rikwanto, dan Polda Jawa Timur untuk Nico Afinta. Namun serah terima jabatan antara keduanya, baru dilaksanakan pada Senin (23/11) di aula Mathilda Batlayeri Mapolda Kalsel. Turut hadir pada acara serah terima ini plt Gubernur Kalsel Rudy Resnawan, Ketua DPRD Kalsel Supian HK, Danrem 101/Antasari Banjarmasin, dan seluruh unsur Forkopimda Kalsel.  Sayangnya acara ini berlangsung tertutup, karena pihak Polda Kalsel mengendepankan penerapan protokol kesehatan, dengan membatasi jumlah orang yang berhadir di ruangan aula. Usai acara, barulah digelar jumpa pers oleh Kapolda Kalsel Rikwanto, dan Kapolda Jawa Timur Nico Afinta.

Dihadapan wartawan yang sudah berkumpul di halaman tengah mapolda Kalsel, Nico Afinta yang kini menjabat sebagai Kapolda Jawa Timur, mengucapkan terima kasih kepada jajaran Polda Kalimantan Selatan, Forkopimda dan juga seluruh stakeholder holder di Kalimantan Selatan, yang telah membantu menjalankan tugasnya selama kurang lebih 6 bulan di Bumi Lambung Mangkurat ini.

“Saya juga memohon maaf, jika selama menjalankan tugas di sini melakukan kesalahan dan belum sesuai dengan keinginan. Saya harap hal-hal yang belum tercapai tadi, dapat dilaksanakan Kapolda yang baru. Saya juga memohon doa, agar dapat menjalankan tugas dengan baik di tempat yang baru. Tidak lupa juga saya mengucapkan terima kasih kepada rekan media, yang sudah dengan setia mendampingi dan menyampaikan pemberitaan terkait kinerja Polda Kalsel. Saya harap, dukungan ini terus berlanjut untuk Kapolda yang baru,” harapnya.

Sementara itu, Kapolda Kalsel yang baru dilantik, Rikwanto, memuji kinerja Kapolda terdahulu Nico Afinta, yang sudah menunjukkan kinerja luar biasa, dalam masa baktinya yang terbilang singkat di Kalimantan Selatan. Termasuk dalam hal penahanan COVID-19, bersama jajaran satgas percepatan penanganan COVID-19 Kalimantan Selatan.

“Saya sudah dengar tadi paparan dari pak Nico Afinta, soal apa-apa saja langkah atau kebijakan yang sudah dijalankan untuk penanganan COVID-19 di Kalsel. Termasuk juga terkait keberhasilan jajaran Polda Kalsel menorehkan prestasi luar biasa, dengan menggagalkan masuknya ratusan kilogram narkoba jenis sabu asal Malaysia ke wilayah provinsi Kalsel. Saya akan melanjutkan kinerja baik yang sudah ditunjukkan ini,” tegasnya.

Nico Afinta mendapatkan promosi menjadi Kapolda Jawa Timur, menggantikan Fadil Imran, yang dipromosikan sebagai Kapolda Metro Jaya. Sementara Rikwanto, sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Maluku Utara, dan juga sempat menduduki posisi strategis bidang kehumasan dijajaran Polri. Sebelum melakukan serah terima jabatan di aula Mathilda Batlayeri Senin (23/11), pada pagi harinya Rikwanto mendapatkan penyambutan khusus dari jajaran Polda Kalsel, sebagai bentuk ucapan selamat datang kepada Kapolda yang baru. (RIW/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.