BanjarmasinNews

KPU Banjarmasin Pekerjakan 50 Petugas Untuk Lipat Surat Suara

BANJARMASIN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin, menggunakan tenaga sebanyak 50 orang untuk melakukan pelipatan surat suara dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2020.

Petugas pelipat surat suara saat diberikan arahan.

Ketua KPU Kota Banjarmasin Rahmiyati Wahdah kepada wartawan pada Jumat (20/11),  tenaga sebanyak 50 orang ini akan melipat, mensortir dan mengeset surat suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Walikota dan Wakilnya Tahun 2020, yang berlokasi di Gedung Wanita kawasan Brigjen Hasan Basri Banjarmasin. Adapun surat suara yang harus dikerjakan untuk dilipat,  sebanyak 461.000, jumlah itu sudah termasuk 2,5 persen surat suara cadangan.

“Kami yakin mereka mampu bekerja maksimal sebagian petugas masih muda, yaitu mahasiswa,” ucapnya.

Rahmi menyampaikan, pelipatan surat suara terbagi dalam dua shift, yaitu shift siang 25 orang dan shift malam 25 orang, namun untuk shift malam, pihaknya berkoordinasi  dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin, terkait boleh tidaknya melakukan pelipatan hingga malam hari, mengingat Kota Banjarmasin masih belum melandai pandemi COVID-19.

“Semua petugas wajib menggunakan ID Card dalam mengerjakan dan diawasi, serta wajib menerapkan ketat protokol kesehatan (prokes),” katanya.

Sementara itu, salah seorang pelipat surat suara Rahmat menjelaskan, untuk per lembar surat suara yang dilipat, dirinya diupah Rp250, biasanya melakukan pelipatan dalam satu hari mampu menyelesaikan 5 dus surat suara.

“Kalau dari siang sampai malam, bisa selesai hingga 10 dus,” tutupnya.

Untuk diketahui kegiatan pembukaan kotak surat suara, dipimpin Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Banjarmasin Rahmiyati Wahdah, bersama komisioner Taufiqqurahman dan Heri Wijaya, disaksikan dari pihak Kepolisian dan Koordinator pengawasan hubungan masyarakat, Badan pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Banjarmasin Rahmadiansyah. (NHF/RDM/RHD)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat