15 Mei 2021

Pansus Raperda Perkebunan Berkelanjutan Resmi Terbentuk

1 min read

Ketua Pansus Raperda Pembangunan Perkebunan Berkelanjutan, Akhmad Rozanie Himawan Nugraha (kanan)didampingi Wakil Ketua Pansus, Burhanuddin (tengah).

BANJARMASIN – Usulan Pemerintah Provinsi Kalsel untuk mencabut Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2013  Tentang Perkebunan Berkelanjutan dan digantikan Perda Baru, saat ini sudah ditindak lanjuti bersama DPRD Kalsel dengan membentuk Panitia Khusus (Pansus) Raperda Pembangunan Perkebunan Berkelanjutan.

Dalam rapat pembentukan Pansus di ruang Komisi II DPRD Kalsel, Senin (16/11) lalu, terpilih Anggota Komisi II DPRD Kalsel, Akhmad Rozanie Himawan Nugraha sebagai Ketua Pansus Raperda Pembangunan Perkebunan Berkelanjutan dan Burhanudin sebagai Wakil Ketua Pansus.

Wakil Rakyat yang akrab disapa Rozanie ini mengatakan Raperda Pembangunan Perkebunan Berkelanjutan merupakan inisiatif dari Pemerintah Provinsi Kalsel yang difasilitasi DPRD Kalsel dalam rangka penyempurnaan menjadi Perda.

“Pasalnya, Perda Nomor 2 Tahun 2013 tentang Pembangunan Perkebunan Berkelanjutan yang dinilai belum menunjukkan hasil yang memuaskan. Terutama dari sisi kesejahteraan masyarakat, sosial, budaya serta lingkungan hidup,” katanya.

Rozanie mengungkapkan pihaknya akan mempelajari naskah dari Raperda yang baru diterima dari Pemprov terkait apa-apa saja hal yang akan diubah dan dimuat dalam Raperda tersebut.

Lebih lanjut, Politisi Partai Nasdem ini menambahkan dalam waktu dekat, Pansus akan melakukan studi banding ke provinsi lain guna mendapatkan berbagai saran dan masukan untuk pengayaan draft raperda pembangunan perkebunan berkelanjutan.

“Ada beberapa daerah yang memiliki Perda serupa yaitu Provinsi Riau, Kaltim dan Kalteng. Untuk Riau dan Kaltim, Perdanya baru dibentuk tahun 2019. Sedangkan Kalteng sekitar 2013. Mempertimbangkan jarak rencananya kami akan berkunjung ke Kaltim,” jelasnya.

Rencana studi komparasi Pansus Raperda Pembangunan Perkebunan Berkelanjutan ke Kaltim akan dijadwalkan pada 19-21 November 2020. (NRH/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.