10 Mei 2021

Kadis LH Kalsel: Fasilitas Incenerator Salah Satu Potensi TPA Banjarbakula

1 min read

Kadis LH Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana.

BANJARBARU – Tempat pemrosesan akhir (TPA) Regional Banjarbakula milik pemerintah provinsi Kalimantan Selatan akan segera merealisasikan pembangunan fasilitas incenerator pada 2021.

Diungkapkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kalsel Hanifah Dwi Nirwana, pembangunan ini sempat mengalami penundaan akibat adanya refocusing anggaran.

“Tahun 2021 kita sudah tersedia anggaran mudah-mudahan tidak dipotong,” ungkapannya, Selasa (17/11).

Dijelaskan Hanifah, pembiayaan untuk merealisasikan fasilitas incinerator di TPA Banjarbakula yang berlokasi di Kota Banjarbaru, Kalsel tersebut kurang lebih sebesar 7 miliar rupiah.

Anggaran tersebut sebutnya, sudah secara keseluruhan termasuk untuk biaya penyusunan analisis dampak lingkungan (Amdal).

Diakuinya, adanya realokasi dan refocussing anggaran untuk penanganan dan penanggulangan pandemi COVID-19 di tahun 2020 ini menyebabkan tertundanya realisasi pembangunan incinerator.

Karena itu, pada tahun 2020 ini pihaknya hanya sempat menyelesaikan dokumen-dokumen persyaratan seperti studi kelayakan dan detail engineering design (DED) proyek tersebut.

“Yang bisa sempat dilakukan kemarin penyusunan feasibility study dan DED,” terangnya.

Pembangunan fasilitas incinerator menurut Hanifah hanya menjadi satu contoh dari sederet potensi pengembangan TPA Regional Banjarbakula. Sehingga kedepan, secara bertahap pihaknya merencanakan pembangunan fasilitas pengolahan gas metana dari hasil pengolahan sampah menjadi sumber energi.

Sedangkan beberapa fungsi lain yang dimiliki dan sudah dioperasikan di TPA Banjarbakula terang Hanifah diantaranya pengolahan awal air lindi yang jika diolah lebih lanjut bisa dimanfaatkan sebagai pupuk cair.

Selain itu, ada pula pengolahan oli bekas menjadi solar industri yang sudah dilakukan sejak beberapa waktu lalu di TPA Banjarbakula.

Meskipun diakuinya untuk memanfaatkan hasil pengolahan oli bekas tersebut, pihaknya masih menunggu terbitnya izin pemanfaatannya. (ASC/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.