2 Maret 2021

Disdag Kalsel Dorong Ekspor Melalui Pelatihan Bisnis Online

2 min read

Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan di tengah, didampingi narasumber dari dosen prodi TI Stimik Banjarbaru Setyo memakai baju merah.

BANJARMASIN – Dinas Perdagangan (Disdag) Provinsi Kalimantan Selatan,  mendorong sepenuhnya ekspor, dalam bentuk pelatihan bisnis online.

Suasana pelatihan bisnis online.

Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan Birhasani kepada wartawan pada Rabu (18/11) mengatakan, pelatihan bisnis online ini tentunya sebagai bentuk motivasi, kepada para pelaku usaha kecil menengah (UKM), agar mampu meraih pangsa pasar tidak hanya di negeri sendiri, namun mampu ke mancanegara.

“Media sosial menjadi peluang besar, kalau dimanfaatkan dengan baik dan bijak, mulai dari melakukan penawaran  produk, hingga pemasaran,” ucapnya.

Birhasani menjelaskan, kegiatan ini merupakan sarana komunikasi untuk menjadikan sumber daya manusia (SDM) yang menguasai berbagai kemampuan, bukan hanya keterampilan, namun juga kecanggihan teknologi.

“Kegiatan ini dapat memberikan informasi mengenai strategi pengembangan ekspor,” katanya.

Hal senada juga disampaikan salah satu narasumber yang juga berprofesi sebagai Dosen Prodi TI STIMIK Banjarbaru Setyo, menurutnya para pelaku usaha nantinya  memiliki website sendiri, sehingga mudah dalam mengakses setiap penjualan, selain memanfaatkan media sosial baik facebook, instagram, dan youtube.

“Biasanya promosi usaha yang dituju tidak hanya antar rovinsi, namun juga luar negeri,” tuturnya.

Sementara itu salah satu pelaku usaha kacang mete Nayla mengatakan, pelatihan ini sangatlah bermanfaat, karena sekarang kecanggihan teknologi membuat kemudahan dalam setiap promosi usaha, akibat pandemi COVID-19, tentunya penjualan secara online lebih banyak dilakukan daripada offline.

Nayla salah satu pelaku usaha kacang mete.

“Bisnis kacang mete yang saya geluti sudah merambah ke seluruh Indonesia, tidak hanya menjual di Kalsel, sehingga melalui pelatihan ini, saya tertarik ingin memasarkan produknya hingga ke luar negeri,” tutupnya.

Untuk diketahui, Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan pelatihan bisnis online, di salah satu hotel di Banjarmasin selama dua hari (18-19 November 2020), dengan tujuan menambah wawasan dan pembelajaran yang efektif terhadap semua pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM). Kegiatan diikuti 30 peserta UKM se Kalimantan Selatan, dengan menghadirkan narasumber dosen Prodi TI STIMIK Banjarbaru. (NHF/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.