NewsProvinsi Kalsel

Aparat Kepolisian Kawal Ketat Distribusi Surat Suara Pligub 2020 Kalsel

BANJARMASIN – Tidak terasa, pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak tahun 2020, tinggal 1 bulan lagi. Segala persiapan menuju hari pencoblosan pada 9 Desember 2020, terus dilakukan penyelenggara pilkada, dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) provinsi Kalimantan Selatan. Salah satunya yang dilakukan pada Rabu (18/11), dengan mulai mendistribusikan surat suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Selatan (Pilgub) ke-13 kabupaten/kota. Titik pemberangkatan berawal dari kawasan pelabuhan Trisakti Banjarmasin, setelah kontainer berisi surat suara Pilgub itu dikirim dari pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, dan kemudian dipindahkan ke tiga armada truk yang sudah disiapkan.

Persiapan pendistribusian surat suara pilgub dengan pengawalan dari aparat kepolisian.

“Untuk pendistribusian surat suara ini, kita memakai 3 armada truk. Armada pertama mengirimkan ke kabupaten Banjar, dan juga kawasan Banua Enam mulai dari Tapin hingga Tabalong. Armada kedua ke kota Banjarmasin dan Batola, sedangkan armada truk ketiga akan mengantarkan surat suara ke kantor KPU kota Banjarbaru dan kawasan Tanah Laut, Tanah Bumbu serta Kotabaru,” jelas sekretaris KPU provinsi Kalimantan Selatan Basuki kepada wartawan, saat berada di kawasan pelabuhan Trisakti Banjarmasin pada Rabu (18/11).

Lebih lanjut Basuki memastikan, seluruh surat suara itu didistribusikan ke-13 kabupaten/kota pada hari yang sama, dan paling lambat tiba pada Rabu malam.

“Kita distribusikan semua hari ini. Paling lama sore atau malam, sudah tiba di masing-masing KPU kabupaten/kota,” urainya.

Selama proses pemindahan surat suara dari kontainer ke armada truk, sejumlah aparat kepolisian bersenjata lengkap terlihat mengawal ketat proses tersebut. Hal ini seperti dijelaskan Kabag Bin Ops Biro Ops Polda Kalsel AKBP Asep Hadisaputra kepada wartawan, pada Rabu (18/11).

“Armada yang digunakan untuk pendistribusian surat suara ini memang hanya ada 3 unit, tetapi pengamanan yang kami berikan tetap semaksimal mungkin. Setiap polres menurunkan 5 personilnya, untuk pengamanan dan pengawalan distribusi surat suara ini,” tegasnya.

Asep juga memastikan, bahwa proses pencetakan surat suara di Malang Jawa Timur, juga mendapat pengamanan dari 3 personil yang sengaja dikirim ke sana.

“Begitu juga saat pelipatan surat suara nanti. Masing-masing polres akan menurunkan personilnya untuk pengamanan proses pelipatan,” tutupnya.

Surat suara Pilgub Kalsel 2020 yang didistribusikan pada Rabu (18/11), berjumlah sekitar 2,84 juta lembar. Yakni disesuaikan dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Pilgub tahun 2020, dan ditambah 2,5 persen. Hampir seluruh surat suara didistribusikan ke-13 kabupaten/kota, dan hanya 2.000 lambarĀ  yang disimpan di KPU provinsi Kalimantan Selatan, sebagai antisipasi terjadinya pemilihan ulang di satu daerah. (RIW/RDM/RHD)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat