BanjarbaruNews

Pengawas TPS Banjarbaru Selatan Resmi Dilantik

BANJARBARU – Sebanyak 109 orang pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) se-kecamatn Banjarbaru Selatan telah resmi dilantik dan diambil sumpahnya, Minggu (15/11) bertempat di aula yang merupakan fasilitas RM Ole Olang Kota Banjarbaru.

Disampaikan Ketua Panwascam Banjarbaru Selatan Abdul Wahid, setelah pelantikan ini keseluruhan pengawas ini langsung mengikuti bimbingan teknis.

“Telah dilantik 109 orang Pengawas TPS. Selanjutnya langsung kami adakan bimbingan teknis agar kawan-kawan Pengawas TPS memahami tupoksinya saat bertugas,” ujarnya dalam sambutannya.

Wahid juga menyampaikan, pengawas memiliki peran strategis, begitupun dengan Pengawas TPS yang merupakan ujung tombak Bawaslu dalam melaksanakan tugas-tugas pengawasan.

“Keberadaan Pengawas TPS menjadi instrumen penting yang menentukan kualitas proses pemungutan dan penghitungan suara. Diharapkan Pengawas TPS menjadi sosok yang aktif, progresif,  mengerti tugas dan wewenangnya,” tuturnya lagi.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Banjarbaru Dahtiar dalam sambutan dan arahannya menyampaikan pentingnya integritas selaku penyelenggara pemilu, dan meminta agar PTPS selaku pengawas bisa menjaga dan mempedomani SIM-P (Soliditas, Integritas, Mentalitas dan Profesionalitas).

“Dengan memahami tugas dan fungsi serta wewenang yang dimiliki insyallah proses pungut hitung dan rekapitulasi akan berjalan dengan baik, jangan segan untuk menegur jika ada potensi pelanggaran, catat hasil pengawasan di form A dan yang terpenting saat ini harus memahami dan memanfaatkan teknologi untuk mendukung kerja pengawasan kita,” ucapnya.

Acara pelantikan ini dihadiri oleh Sekretaris Bawaslu Kota Banjarbaru, perwakilan Camat Banjarbaru Selatan dan beberapa Lurah, Ketua PPK, PPS serta LPM, serta Sekretariat Panwascam Banjarbaru Selatan. Acara tersebut ditutup dengan pemberian ucapan selamat secara simbolis dan foto bersama,  yang dilanjutkan dengan kegiatan Bimtek.

Seperti diketahui, di Kota Banjarbaru terdapat 556 TPS dimana Pengawas TPS akan bertugas di setiap TPS pada hari H Pemungutan suara,  yakni tanggal 9 Desember 2020. (RILIS-RDM/RHD)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat