BanjarbaruNews

Kominfo Banjarbaru Lakukan Uji Coba BOBOBOT

BANJARBARU – Pemerintah Kota Banjarbaru saat ini sedang melakukan uji coba media penyampaian informasi melalui aplikasi chatbot yang diberi nama BOBOBOT.

Kepada sejumlah wartawan, plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) kota Banjarbaru Iwan Hermawan menyampaikan, aplikasi ini memanfaatkan platform pesan singkat yang sangat populer dimasyarakat yaitu Whatsapp.

“Pemilihan platform whatsapp dengan pertimbangan pengguna tidak perlu menginstall aplikasi tambahan pada smartphone, karena aplikasi baru selain akan memakan memori, juga mengharuskan masyarakat untuk mempelajari cara penggunaannya. Berbeda dengan jika menggunakan platform Whatsapp yang sudah familiar dengan aplikasi ini,” papar Iwan, Rabu (11/11).

Pandemi COVID-19, dijelaskan Iwan telah memberikan dampak yang cukup signifikan bagi kehidupan masyarakat saat ini. Perubahan kebiasaan, tingkah laku dan kegiatan sehari-hari yang biasa dilakukan oleh masyarakat pun ikut berubah.

“Protokol peraturan pemerintah yang mengharuskan kita untuk mentaati dan mengikuti peraturan tersebut. Beberapa layanan masyarakat juga telah melakukan pembatasan interaksi tatap muka, terutama untuk hal-hal yang hanya bersifat pemberian informasi. Nah, dengan penggunaan chatbot yang dibekali dengan kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence) sehingga memiliki kemampuan untuk menirukan percakapan manusia, maka masyarakat akan merasa seperti sedang mengobrol bersama petugas biasa melalui fasilitas chatting,” jelasnya panjang lebar.

Hal ini menurut Iwan, masyarakat akan terbantu lebih cepat dan informasi yang didapat lebih akurat.

“Selain itu kelebihan dari penggunaan teknologi ini adalah layanan akan selalu tersedia selama 24 (dua puluh empat) jam selama 7 (tujuh) hari seminggu, selain itu jumlah masyarakat yang dapat dilayani dalam satu waktu lebih banyak dibandingkan dengan melalui cara konvensional,” jelasnya lagi.

Ditambahkan Iwan, cara penggunaan BOBOBOT sendiri cukup mudah.

“Masyarakat hanya perlu mengirimkan pesan ke nomor 0888-80-80-807 (BO-BO-BOT), kemudian aplikasi akan secara otomatis memberikan balasan berupa informasi yang diinginkan,” jelasnya.

Menurut Iwan, saat ini sudah ada beberapa informasi yang dapat diakses melalui BOBOBOT, diantaranya data perkembangan COVID-19 di Kota Banjarbaru, informasi penggunaan CCTV online, informasi tentang sebaran hotspot gratis di Banjarbaru, serta berbagai informasi lain.

“Nanti akan terus kita tambah seiring dengan kebutuhan masyarakat Banjarbaru,” tutupnya. (RILIS-RDM/RHD)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat