NewsProvinsi Kalsel

Paman Birin: Generasi Milenial Diharapkan Jadi Terdepan Dalam Mengawal Pembangunan

BANJARBARU – Menyadari akan pentingnya peran milenial dalam memberikan masukan kepada pemerintah terutama mengenai pelayanan publik. Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), menggelar Web Seminar (Webinar) nasional, dengan tema “Peran Serta Milenial Dalam Pengawasan dan Peningkatan Pelayanan Publik Melalui LAPOR”, bertempat di Command Centre Setdaprov Kalsel, Rabu (16/9).

Webinar yang diikuti oleh pengelola LAPOR, organisasi kepemudaan, universitas dan masyarakat serta berbagai kalangan milenial ini, dibuka langsung oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dan didampingi oleh Kepala Diskominfo Kalsel Gusti Yanuar Noor Rifa’i.

Dalam arahannya Sahbirin Noor menyebut, berbagai kebijakan, program dan jalannya pemerintahan dan pembangunan, dapat sangat mudah untuk diakses melalui teknologi informasi. Bahkan komunikasi dua arah yang cepat sangat dimungkinkan untuk dilakukan.

“Melalui platform digital, aplikasi dan sosial media ini, pemerintah dapat mengetahui feedback dari masyarakat terhadap kebijakan yang diambil,” ujar Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini.

Namun lanjutnya, ada hal yang juga menjadi kekhawatiran jika hanya melalui platform digital ini, yakni rawan terjadi distorsi Informasi karena tidak melalui jalur resmi.

“Disinilah peran Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) Lapor yang dalam beberapa tahun ini dikembangkan dan diaplikasikan di pemerintah Kalsel, sebagai upaya memberikan ruang kepada masyarakat untuk memberikan masukan, kritik hingga aduan kepada pemerintah,” jelasnya.

Adapun peran generasi milenial, menurut Paman Birin sangat diperlukan sabagai bagian dari kepedulian untuk mewujudkan pelayanan publik yang efektif, efisien serta profesional.

“Dengan peran serta milenial, berarti tingkat kesadaran dan dan kepedulian generasi muda kita terhadap kualitas pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan juga semakin baik,” terangnya.

Gubernur Kalsel yang dikenal sering blusukan ini berharap, generasi milenial dapat menjadi yang terdepan dalam mengawal penerapan sistem ini ikut aktif memberikan masukan sehingga pemerintah daerah juga terdorong untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kalsel.

Hal senada juga disampaikan kepala diskominfo Kalsel Gusti Yanuar Noor Rifa’i, yang menyebut kaum milenial merupakan generasi yang sangat mudah untuk beradaptasi terhadap perubahan teknologi informasi yang saat ini terus berkembang secara cepat.

“Peran dari milenial untuk memberikan pengawasan dan kontrol terhadap pelayanan publik yang ada di tempat kita sangat diperlukan,” ujarnya.

Hal ini lanjutnya, bukan tanpa alasan, tetapi berdasarkan perkembangan informasi teknologi yang sangat pesan, yang mana secara otomatis juga sangat erat kaitannya dengan kebiasaan kaum milenial yang selalu ingin cepat.

Diketahui Webinar ini dipandu oleh Kepala Seksi Pengelolaan Opini Publik, Diskominfo Kalsel, Chairun Ni’mah. Sedangkan narasumber yakni Analis Kebijakan Kemenpan RB, Rosikin serta anggota Ombudsman RI, Dadan Suparjo. Serta menghadirkan duta lapor paman 2019 yakni Ibnu Haikal Jabar dan Maharani Septian. (ASC/RDM/RHD)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat