NewsProvinsi Kalsel

DPS Pilgub Kalsel 2,7 Juta Jiwa, KPU Minta Masyarakat Amati

BANJARMASIN – Rapat pleno terbuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Selatan menetapkan, Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kalsel tahun 2020, adalah sebanyak 2.787.624 orang. Hasil rapat pleno yang digelar disalah satu hotel berbintang di Banjarmasin pada Selasa (15/9) itu, juga menunjukkan adanya penurunan jumlah dibanding Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilu 2019 lalu. Penurunan jumlah ini, diakui langsung ketua KPU Provinsi Kalsel Sarmudji di hadapan wartawan.

“Ya memang turun sekitar 81.000 pemilih dibanding DPT tahun lalu, yang jumlahnya mencapai 2,8 juta sekian. Mengapa turun? Ini masih kita telusuri. Hanya saja, kami menjadikan informasi mungkin saja terjadi data ganda. Saat input data, terkirim dua kali dan tetap dimasukkan dalam daftar, sehingga datanya menjadi ganda. Kemungkinan lain, adalah adanya pemilih yang meninggal dunia, atau pindah domisili dan tidak diketahui domisilinya saat ini,” jelas Sarmudji saat dimintai keterangan soal kenapa DPS pilgub 2020 turun dari DPT pemilu 2019.

Lebih lanjut Sarmudji memastikan, setidaknya ada waktu sekitar 1 bulan untuk melakukan perbaikan pada DPS, sebelum ditetapkan sebagai DPT Pilgub 2020 pada Oktober mendatang. Karena itu Ia meminta masyarakat mencermati DPS Pilgub ini, untuk memastikan  apakan nama mereka sudah tercantum didalamnya atau belum.

“Kita akan umumkan secara langsung kepada masyarakat DPS Pilgub 2020, hingga ke tingkat RT. Sehingga mereka dapat melihat dan mencermati secara langsung, untuk memastikan hak pilih mereka pada Pilgub 9 Desember mendatang,” tutupnya. (RIW/RDM/RHD)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat