NewsProvinsi Kalsel

Kunjungi Pengrajin Sasirangan, Paman Birin ‘Umpat’ Menjahit Masker

BANJARMASIN – Mengendarai sepeda, gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor menyempatkan diri mendatangi 2 pelaku UKM sasirangan di kota Banjarmasin pada Jum’at (4/9). Kunjungan pertama dilakukan di UKM Kriya Ketupat kawasan Sungai Baru atau Kampung Katupat Banjarmasin, dan berlanjut ke UKM NN Sasirangan di kawasan Kampung Melayu Banjarmasin. Selain melihat secara langsung proses pembuatan masker sasirangan di 2 titik lokasi UKM ini, gubernur yang biasa disapa Paman Birin ini juga sempat menjajal kemampuannya menjahit satu masker.

Gubernur Kalsel (duduk topi hitam) berfoto bersama para pengrajin masker sasirangan.

“Hari ini kita melihat secara langsung proses pembuatan masker sasirangan, produk dari UKM di kota Banjarmasin. Alhamdulillah, dengan adanya program sejuta masker dari pemerintah provinsi saat ini, mampu menggairahkan sektor UKM sasirangan untuk kreatif demi tetap berproduksi selama masa pandemi COVID-19. Bahkan di Kriya Katupat ini, saya lihat produksinya berlebih, karena acil-acil nya rajin banar. Tapi saya perkirakan, produksi mereka akan tetap laku, mengingat belum ada kepastian kapan pandemi ini akan berakhir. Meski vaksin COVID 19 saat ini sudah mulai diujicobakan,” papar gubernur kepada wartawan.

Sementara itu, menurut pemilik Kriya Katupat Elisa R Suryana, saat ini UKM nya menampung puluhan penjahit dari 4 kabupaten kota di Kalsel. Yakni kota Banjarmasin, Banjarbaru, kabupaten Banjar dan Batola. Rata-rata ibu-ibu yang dibina UKM ini merupakan mereka yang berasal dari keluarga, dengan kondisi perekonomian melemah akibat COVID-19.

“Banyak dari mereka yang merosot perekonomiannya, salah satunya karena suami di PHK atau pendapatan yang berkurang karena COVID-19. Di sini mereka ditampung, dan sudah berhasil memproduksi sebanyak 100.000 masker pesanan.  Bahkan saat ini kami over produksi sebanyak 42 ribu masker. Saya sangat bersyukur dengan adanya program sejuta masker dari pemerintah provinsi Kalsel ini, karena sangat membantu UKM seperti kami,” tutupnya.

Saat berada di UKM Kriya Katupat ini gubernur Kalimantan Selatan juga berkesempatan membeli 2.000 masker sasirangan. Rencananya, masker terebut akan dibagikan secara gratis kepada masyarakat. (RIW/RDM/RHD)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat