NewsProvinsi Kalsel

Idul Adha 1441 H, Giliran Masjid Noor Dapat “Limosin” Dari Presiden

BANJARMASIN – Sejak menjabat sebagai Presiden RI, Joko Widodo rutin menyalurkan bantuan kemasyarakatan berupa sapi kurban pada Hari Raya Idul Adha setiap tahunnya, ke seluruh wilayah Indonesia. Tak terkecuali tahun ini, meski dalam kondisi pandemi COVID-19 yang berdampak pada kondisi perekonomian Indonesia, Presiden Joko Widodo tetap menyalurkan satu sapi kurban ke setiap provinsi di Indonesia, termasuk provinsi Kalimantan Selatan. Kali ini giliran masjid Noor Banjarnasin, yang ketiban rezeki mendapatkan sapi kurban Presiden, untuk dibagikan kepada warga sekitar. Penyerahan sapi kurban presiden ini, dilakukan Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor pada Kamis pagi (30/7) di halaman masjid Noor Banjarmasin. Turut serta dalam kegiatan penyerahan sapi kurban ini, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalsel Suparmi, serta Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kalsel Hanifah Dwi Nirwana.

Penampakan sapi jenis Limosin, sumbangan Presiden RI untuk perayaan Idul Adha di Kalsel tahun ini.

“Saya mewakili masyarakat Kalimantan Selatan, terutama warga sekitar masjid Noor Banjarmasin, berterima kasih atas bantuan sapi kurban dari Presiden ini. Apalagi di tengah kondisi pandemi COVID-19 saat ini, dimana banyak masyarakat yang terkena dampak secara ekonomi. Bantuan presiden ini, jangan kita lihat dari sisi bobotnya, tapi harus kita lihat dari bentuk kepedulian beliau terhadap sesama, dan juga keikhlasan bapak Presiden untuk memberikan sapi kurban tahun ini,” jelas Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor saat memberikan sambutan usai prosesi penyerahan sapi secara simbolis di halaman masjid Noor Banjarmasin, Kamis (30/7).

Lebih lanjut Gubernur yang biasa disapa Paman Birin ini mengingatkan, agar para panitia kurban di Kalimantan Selatan menyiapkan bakul purun sebagai ganti plastik, untuk membagikan daging kurban kepada warga. Mengingat bakul purun lebih ramah alam, sekaligus membantu pengrajin purun yang terbilang banyak di Banua ini.

“Hari ini juga saya serahkan sebanyak 1.000 bakul purun kepada panitia kurban masjid Noor Banjarmasin, untuk digunakan membagikan daging sapi kurban dari Presiden nanti. Ini juga untuk mendukung kebijakan pengurangan penggunaan kantong plastik di Banua kita,” urainya.

Sementara itu, menurut Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalsel Suparmi, tahun ini sapi kurban yang diberikan Presiden ke Kalimantan Selatan, merupakan ternak pemenang kontes baru-baru ini. Sapi jenis Limosin tersebut, berasal dari peternak asal Tapin, dengan bobot 879,5 kilogram.

“Kita menawarkan beberapa opsi kepada pihak sekretariat kepresidenan. Dan sapi Limosin dari Tapin ini yang terpilih. Soal harga, mereka juga yang menentukan, namun saat kita ajukan kemarin, harga yang ditawarkan sekitar 75 juta rupiah. Soal penetapan masjid mana yang mendapatkan sapi bantuan Presiden, itu Gubernur yang menentukan,” paparnya.

Terkait penyerahan sapi kurban Presiden ini, ketua panitia kurban masjid Noor Banjarmasin Ahmad Supian mengaku senang, karena seingatnya, ini adalah pertama kalinya masjid Noor mendapatkan sumbangan hewan kurban dari pemerintah, apalagi ini diberikan oleh orang nomor satu di Republik ini, dan juga diserahkan oleh orang nomor satu di Kalimantan Selatan.

“Alhamdulillah kami bersyukur kepada Allah atas bantuan sapi kurban ini. Rencananya sapi ini akan disembelih pada Sabtu 1 Agustus nanti, di Rumah Potong Hewan (RPH) Basirih Banjarmasin. Tujuannya agar proses pemotongan lebih lancar, karena bobot sapi yang besar. Selain itu, ini untuk menghindari kerumunan warga yang ingin menonton prosesi penyembelihan. Nanti setelah sapi selesai dipotong-potong, kami akan bagikan langsung ke rumah-rumah warga, sekali lagi untuk menghindari kerumunan massa dan menjalankan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah di masa pandemi ini,” tutupnya. (RIW/RDM/RHD)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat