BanjarmasinNews

DPRD Banjarmasin : Perda Administrasi Kependudukan Harus Beri Pelayanan Optimal Kepada Warga

BANJARMASIN – Kalangan legislatif telah mensahkan perda administrasi kependudukan. Menurut Wakil Ketua DPRD Banjarmasin Muhammad Yamin kepada wartawan pada Kamis (30/7), dengan disahkannya Perda administrasi kependudukan, maka nantinya akan mampu memberikan pelayanan terbaik, bagi masyarakat seperti pelayanan pembuatan Kartu Keluarga (KK), KTP Elektronik, Kartu Identitas Anak (KIA) dan pelayanan administrasi kependudukan, dengan harapan tidak ada lagi keluhan masyarakat. Selain itu

pelayanan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Banjarmasin agar bisa lebih optimal yaitu cepat, mudah dan transparan.

“Kami ingin, semua masyarakat Kota Banjarmasin, jangan ada yang tidak punya Kartu Tanda Penduduk Elekronik (E-KTP),” ucapnya.

Lebih lanjut Yamin menjelaskan, pengesahan Perda juga mengatur penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA), yaitu untuk mempermudah pembuatan akta kelahiran anak, sehingga tidak ada lagi anak anak yang tidak mempunyai identitas dirinya di Kota seribu sungai ini.

“Para orang tua hendaknya harus selalu mengutamakan untuk data diri si anak jangan sampai lengah, sudah mau masuk sekolah TK barulah membuat Identitasnya,”  imbau Yamin.

Untuk diketahui, Perda administrasi kependudukan, baru saja disahkan, sebelumnya dibahas pada Tahun 2019 lalu. Tujuan direvisi Perda ini, untuk menyesuaikan perkembangan dengan aturan lebih tinggi Undang-Undang nomor 24 tahun 2013, yaitu pada pasal 79A membahas tentang pelayanan Administrasi Kependudukan tidak dipungut biaya. (NHF/RDM/RHD)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat